Kreativitas dan Inovasi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Proses Pembelajaran (Studi Kasus di Kelas X SMAN 1 Barat Kabupaten Magetan)

Khotimatussangadah, Khotimatussangadah (2022) Kreativitas dan Inovasi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Proses Pembelajaran (Studi Kasus di Kelas X SMAN 1 Barat Kabupaten Magetan). Undergraduate thesis, IAIN Ponorogo.

Full text not available from this repository.

Abstract

Khotimatussangadah. 2022. Kreativitas dan Inovasi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Proses Pembelajaran (Studi Kasus di Kelas X IPS SMAN 1 Barat Kabupaten Magetan). Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Dr.H.Moh. Munir, Lc,M,Ag

Kata Kunci: Kreativitas, Inovasi, Guru PAI
Penelitian ini berangkat dari fenomena permasalah yang terjadi pada peserta didik dalam proses pembelajaran. Guru sudah menerapkan berbagai macam metode pembelajaran, contohnya metode demontrasi, tanya jawab, dan lain-lain namun pada kenyataannya peserta didik kurang aktif dalam proses pembelajaran.
Berdasarkan uraian di atas, maka tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) untuk mendeskripsikan tentang bagaimana kreativitas guru dalam proses pembelajaran di kelas X SMAN 1 Barat. 2) untuk mendeskripsikan tentang bagaimana Inovasi guru dalam proses pembelajaran di kelas X SMAN 1 Barat.
Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data yang meliputi: wawancara, observasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Guru pendidikan agama Islam di SMAN 1 Barat dikatakan kreatif dan inovatif. Adapun ciri-ciri guru dari kedua nya yaitu: 1). Kreatif, memiliki ciri-ciri sebagai berikut: ciri kemampuan berpikir kreatif ada lima, yaitu: a) keterampilan berpikir lancar (fluency), b) keterampilan berpikir luwes (flexibility), c) keterampilan merinci atu penguraian (elaboration), d) keterampilan perumusan kembali (redefinition). Ciri guru kreatif dalam proses pembelajaran yaitu: a) rasa ingin tau, b) merasa tergantung oleh kemajemukan, c) memiliki sikap berani dalam mengambil resiko, d) sikap menghargai dalam tindakan hidup. 2). Inovatif, Adapun ciri inovatif dalam pembelajaran guru di SMAN 1 Barat telah memenuhi seluruh ciri. Adapun ciri tersebut yaitu: a) memiliki prosedur yang sistematik untuk memodifikasi perilaku siswa, b) hasil belajar yang ditetapkan secara khusus, c) penetapan lingkungan belajar secara khusus dan kondusif, d) ukuran keberhasilan siswa setelah mengikuti pembelajaran, e) interkasi dengan lingkungan agar mendorong siswa aktif dalam lingkungannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 29 Dec 2022 02:09
Last Modified: 29 Dec 2022 02:09

Actions (login required)

View Item View Item