Tinjauan Kepraktisan Model Pembelajaran Fisika “PRODUKSI” Terhadap Keterlaksanaan Pembelajaran dan Aktivitas Belajar Siswa

Fadly, Wirawan Tinjauan Kepraktisan Model Pembelajaran Fisika “PRODUKSI” Terhadap Keterlaksanaan Pembelajaran dan Aktivitas Belajar Siswa.

[img]
Preview
Text
artikel 8.pdf

Download (366kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Artikel 8 Rev 1_merged (1).pdf

Download (884kB) | Preview

Abstract

PRACTICALITY REVIEW OF PHYSICS LEARNING MODEL "PRODUCTION" ON
THE IMPLEMENTATION OF LEARNING AND STUDENT LEARNING ACTIVITIES.
The purpose of this study is to determine the practicality of learning model "PRODUKSI" to
the process of learning execution and student learning activities. The research method used is
experiment with one-shot case study design. The location of the research is at SMAN 2
Bojonegoro and the research sample is chosen by purposive sampling. Data were collected
through observation and then analyzed based on data characteristic with descriptive
qualitative and quantitative descriptive. The results showed that: 1) PRODUKSI learning
model can be implemented and successfully support communicative project-based physics
learning, and 2) learning activities during the implementation of PRODUKSI model involves
project activity and communicative learning, where each learning activity emphasizes on the
realization: student-centered learning, social interaction and collaboration among students,
creative freedom and independence to students, as well as an active and interactive learning
environment.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kepraktisan model pembelajaran
“PRODUKSI” terhadap keterlaksanaan pembelajaran dan aktivitas belajar siswa. Metode
penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain one-shot case study. Lokasi
penelitian adalah di SMAN 2 Bojonegoro dan sampel penelitian dipilih secara purposive
sampling. Data dikumpulkan melalui observasi dan kemudian dianalisis berdasarkan
karakteristik data dengan deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa: (1) model pembelajaran PRODUKSI dapat dilaksanakan dan berhasil
mendukung pembelajaran fisika komunikatif berbasis proyek, dan (2) aktivitas belajar selama
penerapan model pembelajaran PRODUKSI melibatkan aktivitas proyek dan pembelajaran
komunikatif, di mana setiap aktivitas belajarnya menekankan pada terwujudnya:
pembelajaran berpusat pada siswa, interaksi sosial dan kolaborasi antar siswa, kebebasan dan
kemandirian berkreasi pada siswa, serta suasana belajar aktif dan interaktif.

Item Type: Journal Article
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Mrs Mujiati
Date Deposited: 30 Dec 2022 04:36
Last Modified: 11 Jan 2023 09:12

Actions (login required)

View Item View Item