Terampil Membuat Kesimpulan Melalui Model Inkuiri Berbasis Science Education For Sustainable Development

Hani’ah, Roudhotul and Fadly, Wirawan Terampil Membuat Kesimpulan Melalui Model Inkuiri Berbasis Science Education For Sustainable Development.

[img]
Preview
Text
artikel 24.pdf

Download (388kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Artikel 24 Rev 1_merged.pdf

Download (645kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Perkembangan dalam ranah pendidikan saat ini lebih menuntut peserta didik untuk berperan aktif. Keterampilan proses siswa berperan penting dalam hal ini, salah satunya yaitu keterampilan menyimpulkan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah model inkuiri dengan pendekatan SESD lebih efektif dari pada model konvensional dalam meningkatkan kemampuan membuat kesimpulan peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif true experimental dengan desain pretest- posttestcontrol group desaign. Sampel dalam penelitian ini yaitu peserta didik MTs Darul Huda kelas VII T (eksperimen) berjumlah 31 orang dan kelas VII Z2 (kontrol) berjumlah 28 orang. Adapun analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif, serta pengumpulan data yakni berupa observasi dan soal tes. Hasil penelitian menjunjukkanbahwa indikator membuat kesimpulan dengan pencapaian tertinggi yaitu membuat kesimpulan secara deduktif dengan nilai N- gain 0,71 termasuk kategori tinggi. Sedangkan membuat kesimpulan secara induktif menjadi indikator dengan ketercapaian terendah dengan nilai N- gain 0,46 termasuk kategori sedang. Dari hasil analisis data, dapat disimpulkan model inkuri dengan pendekatan SESD lebih efektif dalam meningkatkan kemampuan membuat kesimpulan peserta didik

Item Type: Journal Article
Depositing User: Mrs Mujiati
Date Deposited: 30 Dec 2022 05:02
Last Modified: 10 Jan 2023 08:47

Actions (login required)

View Item View Item