PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DALAM KEGIATAN PENDIDIKAN PEMUSTAKA (USER EDUCATION) PERPUSTAKAAN IAIN PONOROGO DI ERA NEW NORMAL

Puspitasari, Fransisca and Sari, Dwi Eliana (2022) PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DALAM KEGIATAN PENDIDIKAN PEMUSTAKA (USER EDUCATION) PERPUSTAKAAN IAIN PONOROGO DI ERA NEW NORMAL. Shaut Al-Maktabah : Jurnal Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi, 14 (2). pp. 169-185. ISSN ISSN 2339-1456 e-ISSN 2614-3801

[img]
Preview
Text
655.pdf

Download (333kB) | Preview
Full text available at: https://www.rjfahuinib.org/index.php/shaut/article...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kegiatan user education di era new normal. Hal ini
dilatarbelakangi oleh pembatasan kegiatan tatap muka selama masa new normal yang kemudian turut direspon
oleh perpustakaan IAIN Ponorogo dengan memberlakukan penggunaan media sosial dalam kegiatan pendidikan
pemustaka (User education). Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode pengumpulan
data berupa observasi, wawancara dan studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa
media sosial yang digunakan untuk melakukan promosi kegiatan sekaligus pelaksanaan user education adalah
website, Instagram, Facebook, Google Form dan Youtube untuk mempermudah mahasiswa dalam mengenal serta
memanfaatkan fasilitas perpustakaan dengan efektif dan efisien. Adapun metode penyampaian yang digunakan
dalam pelaksanaan kegiatan user education adalah melalui penggunaan audio visual yang diupload pada Official
Youtube IAIN Ponorogo. Adapun bentuk kegiatan diarahkan pada orientasi perpustakaan, termasuk pengenalan
perpustakaan, penelusuran koleksi perpustakaan, cara peminjaman dan pengembalian secara umum hingga cara
upload skripsi dan tesis.

Item Type: Journal Article
Keyword: social media, User education, new normal
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Fransisca Puspitasari
Date Deposited: 30 Jan 2023 02:51
Last Modified: 30 Jan 2023 02:51

Actions (login required)

View Item View Item