Sociolinguistic Phenomena in Arabic Ianguage L€arning Through Direct Mednd

Munir, Moh. (2022) Sociolinguistic Phenomena in Arabic Ianguage L€arning Through Direct Mednd. ALSINATUNA: Journal of Arabic Linguistics and Education, 7 (2). pp. 186-200. ISSN 2503-2690

[img]
Preview
Text
Sociolinguistic Phenomena in Arabic Language Learning Through Direct Method - Moh. Munir.pdf

Download (626kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5183-Article Text-19324-1-10-20220809 - Moh. Munir.pdf

Download (920kB) | Preview
Full text available at: https://e-journal.iainpekalongan.ac.id/index.php/a...

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk menganalisis fenomena Sosiolinguistik dalam implementasi pembelajaran Bahasa Arab menggunakan metode langsung di PP Al Iman Putri. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan pendekatan studi kasus. Hasil dari penelitianini menunjukkan adanya kontribusi sosiolinguistik dalam pembelajaran bahasa, yaitu: 1) Sosiolinguistik sebagaisubdisiplin ilmu yang mengkaji bahasa terkait faktor kemasyarakatanuntuk menjadi bekal utama para santri ketika mereka melanjutkan studi mereka ke Negara Timur Tengah.2) Fenomena Sosiolinguistik dalam pembelajaran Bahasa Arab menggunakan metode langsung di PP Al Iman Putri dilakukanmelaluiberbagai kegiatan kebahasaan, yaitu: a. Kegiatan Muḥādaṡahpagi. b. Pembenaran kosakata bahasa arab yang salah. c. Kegiatan pidato menggunakan bahasa arab. d. Kegiatan belajar menggunakan bahasa arab (denganmetode langsung). e. Mahkamah bahasa, yaitu acara yang sengaja diadakan oleh bagian bahasa bagi para pelanggar bahasa. f. Dramaarena menggunakan bahasa arab. g. Lomba untuk mengutarakan kembali sebuah cerita berbahasa arab dihadapanpara audiens, serta lomba
alsinatuna,Journal of Arabic Linguistics and Education, Vol.7 No. 2, June2022, 186-200Sociolinguistic Phenomena in Arabic Language Learning Through Direct Method187|Moh. Munir, et.al.menyampaiakan pengumuman menggunakan bahasa arab. h. Penyampaian kosa kata berbahasa arab. 9. Olimpiade Naḥwu, , ṣaraf, dan maḥfuẓāt.Kata Kunci:Fenomena, metode langsung, pembelajaran bahasa, sosiolinguistik.

Item Type: Journal Article
Keyword: Phenomenon, direct method, arabic learning, sociolinguistics
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2004 Linguistics > 200405 Language in Culture and Society (Sociolinguistics) > 20040599 Language in Culture and Society (Sociolinguistics) not elsewhere classified
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2004 Linguistics > 200409 Arabic Linguistics > 20040909 'Ilmu al-Lughah al-Ijtima'iy (Arabic Sociolinguistics)
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2004 Linguistics > 200499 Linguistics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Eny Supriati
Date Deposited: 30 Jan 2023 08:51
Last Modified: 30 Jan 2023 08:51

Actions (login required)

View Item View Item