Manajemen Bimbingan dan Konseling dalam Proses Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran IPA di SMPN 2 Ponorogo

Puji Lestari, Ita (2023) Manajemen Bimbingan dan Konseling dalam Proses Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran IPA di SMPN 2 Ponorogo. Undergraduate thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
206190037_ITA PUJI LESTARI_MPI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Setiap kegiatan memerlukan system manajemen yang baik. Oleh karena itu, upaya perbaikan dan peningkatan mutu manajemen menjadi salah satu prioritas yang harus diperhatikan, tidak terkecuali kegiatan bimbingan dan konseling, memerlukan layanan yang terencana, terprogram dan terarah dengan
baik. Manajemen Bimbingan dan Konseling (BK) di SMPN 2 Ponorogo sudah dilaksanakan diantaranya Perencanaan Program dan Pengaturan waktu,Pengorganisasian, Pelaksanaan, Mekanisme Kerja Pengadmistrasian, Pola
penanganan siswa, Penggunaan Fasilitas Pendukung, Pengarahan, Supervisi, dan penilaian dalam manajemen bimbingan dan konseling sudah berjalan dengan baik
namun sebagian belum dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik.
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengkaji dan menganalisis manajemen BK dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik di SMPN 2 Ponorogo melalui (1). Perencanaan bimbingan dan konseling, (2). Pelaksanaan bimbingan dan konsling, dan (3). Evaluasi bimbingan dan konseling dalam proses
meningkatkan motivasi belajar peserta didik mata pelajaran IPA di SMPN 2 Ponorogo.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif, dengan teknik pengumpulan data penelitian berupa wawancara,observasi, dan dokumentasi. Sumber data wawancara dalam penelitian ini adalah guru BK. Teknik analisis data dalam penelitian dilakukan dengan tiga tahapan
yaitu, kondensasi data, penyajian data, dan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data pada penelitian ini menggunakan peningkatan ketekunan, triangulasi sumber
dan triangulasi teknik
Berdasarkan hasil data diperoleh dari penelitian, dan setelah data dianalisa maka dapat disimpulkan dalam perencanaan dan pengaturan waktu, guru
bimbingan dan konseling sudah membuat program tahunan dan program semesteran dijalankan oleh guru Bimbingan dan Konseling dan berperan aktif
membantu peserta didik agar mempunyai prestasi dibidang akademik dengan melakukan konseling di ruang BK atau melalui bimbingan klasikal dan bimbingan
individu kepada para peserta didik yang memiliki masalah terutama berkaitan dengan motivasi belajar. Dari hasil penelitian yang dilakukan kepada guru BK
yang mengalami masalah dengan prestasi belajar disebabkan karna tidak adanya
motivasi belajar setelah diberikan bimbingan dan konseling yang berkesinambungan anak-anak tersebut menunjukan hasil
yang semakin membaikdibandingkan sebelumnya. Pengambilan keputusan yang dilakukan sekolah
terlebih dalam proses meningkatkan motivasi belajar peserta didik dilakukan dengan kegiatan rapat yang melibatkan perwakilan dari seluruh guru BK.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 03 Apr 2023 05:40
Last Modified: 03 Apr 2023 05:40

Actions (login required)

View Item View Item