PENGARUH KONDISI SOSIAL EKONOMI ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA

Hapsari, Palupi and Yusuf, S. Maryam (2021) PENGARUH KONDISI SOSIAL EKONOMI ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA. JIPSI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia, 1 (1). pp. 151-163. ISSN e-ISSN: 277-104X, p-ISSN: 2775-037X (In Press)

[img]
Preview
Text
255-Article Text-878-1-10-20210731.pdf

Download (868kB) | Preview
Full text available at: https://ejournal.iainponorogo.ac.id/index.php/jiip...

Abstract

Lingkungan keluarga terutama orang tua merupakan dimensi yang paling penting dan utama. Untuk perkembangan anak baik perkembangan fisik maupun psikis. Jika kondisi sosial ekonomi orang tua baik dan cukup. Dari hasil penelitian sederhana ini dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: (1) Kondisi sosial ekonomi orang tua kelas 8 SMP Negeri 1 Sambit tahun pelajaran 2020/2021 secara umum dapat dikatakan dalam kategori sedang. yaitu dengan nilai persentase sebesar 63%, (2) Hasil belajar ranah kognitif mata pelajaran IPS Terpadu siswa kelas 8 SMP Negeri 1 Sambit tahun ajaran 2020/2021 secara umum dapat dikatakan bahwa hasil belajar kognitif IPS Terpadu Mata pelajaran IPS siswa kelas 8 SMPN 1 Sambit berada pada kategori sedang yaitu dengan nilai persentase 70%,(3) kondisi sosial ekonomi orang tua berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar ranah kognitif SMP Negeri 1 Sambit tahun ajaran 2020/2021 ditunjukkan dengan nilai karena nilai signifikansi 0,000 < 0,05 yang berarti gagal menolak H0.

Item Type: Journal Article
Keyword: Kondisisosial ekonomi;hasil belajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Fransisca Puspitasari
Date Deposited: 29 Mar 2023 03:28
Last Modified: 29 Mar 2023 03:29

Actions (login required)

View Item View Item