PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARANBERBASIS MIND MAPPING DAN GAYA BELAJARTERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATAPELAJARANIPSTERPADU

Marhennisma, Rexy Diah Ayu Putri and Yusuf, S. Maryam (2022) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARANBERBASIS MIND MAPPING DAN GAYA BELAJARTERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATAPELAJARANIPSTERPADU. JIIPSI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia, 2 (2). pp. 215-226. ISSN e-ISSN: 2775-104X, p-ISSN: 2775-037X

[img]
Preview
Text
1019-Article Text-3378-1-10-20220920.pdf

Download (337kB) | Preview
Full text available at: https://ejournal.iainponorogo.ac.id/index.php/jiip...

Abstract

Rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS terpadu yang disebabkan olehmodel dan metode pembelajaran yang diterapkan kurang bervariasi, media pembelajaranyang digunakan kurang menarik, siswa cenderung hanya mendengarkan penjelasan guruuntukdihafalkansehinggamenjadikankegiatanpembelajaranbersifatmonotondansiswa pun menjadi malas, bosan dan tidak memiliki minat ataupun memperhatikan saatpembelajaranberlangsung.Tujuandiadakanpenelitianiniadalahuntukmengetahuipengaruh penerapan model pembelajaran berbasis mind mapping dan gaya belajar visual,auditorial dan kinestetik terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS terpadu.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian ex post facto.Populasi dalam penelitian ini ialah kelas VIII SMP Negeri 1 Bendo berjumlah 238 siswa.Sampel dipilih dengan menggunakan teknik simple random sampling dan data diperolehdenganmenggunakanangketdandokumentasi.Metodeanalisisdatayangdigunakanialah regresi linier sederhana dan regresi linier berganda. Penelitian ini menghasilkantemuan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis mind mapping dan gaya belajarvisual berpengaruh secara signifikan sebesar 24,9%; gaya belajar auditorial berpengaruhsecarasignifikansebesar22,7%;dangayabelajarkinestetikberpengaruhsecarasignifikansebesar 24,6%;terhadaphasilbelajarsiswapadamatapelajaranIPSterpadu

Item Type: Journal Article
Keyword: model pembelajaran berbasis mind mapping, gaya belajar, hasil belajar padamata pelajaran IPS terpadu
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Fransisca Puspitasari
Date Deposited: 29 Mar 2023 04:08
Last Modified: 29 Mar 2023 04:08

Actions (login required)

View Item View Item