PENGUATAN LITERASI PEMBELAJARAN IPS DALAM MENGHADAPI PERUBAHAN SOSIAL BUDAYA GENERASI Z ERA 4.0

Khoirunnida, Fatma Laili and Yusuf, S. Maryam (2022) PENGUATAN LITERASI PEMBELAJARAN IPS DALAM MENGHADAPI PERUBAHAN SOSIAL BUDAYA GENERASI Z ERA 4.0. ASANKA : Journal of Social Science and Education, 3 (2). pp. 131-141. ISSN ISSN: 2722-9998(Online), 2723-0007(Print)

[img]
Preview
Text
5028-16590-1-PB.pdf

Download (112kB) | Preview
Full text available at: https://jurnal.iainponorogo.ac.id/index.php/asanka...

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan menganalisis bentuk kegiatan penguatan literasi pembelajaran IPS dalam menghadapi perubahan sosial budaya generasi Z era 4.0 di kelas IX A MTsN 6 Sampung Ponorogo. Menganalisis faktor pendukung dan penghambat penguatan literasi pembelajaran IPS dalam menghadapi perubahan sosial budaya generasi Z era 4.0 di kelas IX A MTsN 6 Sampung Ponorogo. Menganalsis perubahan yang terjadi pada siswa setelah gerakan literasi pembelajaran IPS dalam menghadapi perubahan sosial budaya generasi Z era 4.0 di MTsN 6 Sampung Ponorogo. Bentuk upaya menjawab pertanyaan diatas, dilakukan penelitian yang memiliki rancangan metode kualitatif. Pelaksanaan pengambilan data dilaksanakan di MTsN 6 Ponorogo melalui metode obervasi, wawancara dan dokumentasiyang dilakukan beberapa kali agar mendapatkan data valid dan reliebel.Berdasarkan perolehan hasil analisis datapenelitian ditemukan bahwa pengupayaan penguatan literasi era 4.0 kepada peserta didik yang mayoritas generasi Z dilakukan dengan bantuan beberapa pendekatan seperti pendekatan komunikatif, CBSA, integratif, ketrampilan proses, ilmu, masyarakat dan teknologiyang dituangkan dalam gerakan literasi sekolah mulai dari literasi dini, literasi dasar, literasi library, literasi media, literasi teknologi dan literasi viasual. Penjalanan penguatan literasi pada kenyataannya memiliki faktor penghambat baik dari internal maupun eksternal seperti kurangnya motivasi, pengaruh lingkungan dan keterbatasan fasilitas baik di sekolah ataupun di rumah masing-masing anak. Hasil kegiatan penguatan literasi dengan menggunakan bentuk literasi dini, literasi dasar, literasi library, literasi media, literasi teknologi dan literasi viasualmembawa peserta didik lebih sadar dan paham akan pentingnya membaca, inovatif dan saling memanusiakan maunisia saat ini. Mereka kini telah mampu menanamkannilai, norma, moral dan cinta kebudayaan lokal kepada dirinya. Selain itu mereka telah sadar untuk bijak dalam penggunaan wawasan peserta didik.

Item Type: Journal Article
Keyword: Literasi, Era Revolusi Industri 4.0, Generasi Z, IPS Terpadu
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Fransisca Puspitasari
Date Deposited: 29 Mar 2023 04:21
Last Modified: 29 Mar 2023 04:21

Actions (login required)

View Item View Item