Widyaningrum, Retno (2022) Pra Asesmen Kompetensi Minimal (AKM) pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6 (5). pp. 5244-5257. ISSN ISSN: 2549-8959 (Online) 2356-1327 (Print)
|
Text
Pra Asesmen Kompetensi Minimal (AKM) pada.pdf Download (572kB) | Preview |
Abstract
Upaya peningkatan mutu pendidikan harus dilaksanakan dalam berbagai aspek seperti perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Salah satu konsep evaluasi yang ditawarkan adalah
Asesmen Kompetensi Minimal atau AKM. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Konsep Pra AKM di PAUD meliputi pra literasi membaca dan pra literasi numerasi, dengan menggunakan indikator asesmen pada anak usia dini. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan library research. Data penelitian berupa informasi dari buku-buku referensi baik hardcopy maupun softcopy yang bisa dipertangungjawabkan. Teknik analisa data
menggunakan analisis isi. Hasis analisis data menunjukkan bahwa bentuk-bentuk pra AKM merupakan asesmen yang diberikan kepada anak usia dini dengan prinsip tetap bermain dan
menyenangkan, sehingga anak tidak merasa dilakukan evaluasi. Dengan konsep-konsep kasus realitas akan memberikan pemahaman kepada peserta didik.
Item Type: | Journal Article |
---|---|
Keyword: | asesmen kompetensi minimal; literasi; paud |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mr Alwan Wibawanto |
Date Deposited: | 12 Apr 2023 02:58 |
Last Modified: | 12 Apr 2023 02:58 |
Actions (login required)
View Item |