PEMBERDAYAAN EKONOMI SANTRI MELALUI PELATIHAN KETERAMPILAN HAND MADE DI PONDOK PESANTREN DARUSSALAM BANGUNSARI PONOROGO

Rofiah, Khusniati and Ilma, Mughniatul and Naili Farihah, Ayu (2022) PEMBERDAYAAN EKONOMI SANTRI MELALUI PELATIHAN KETERAMPILAN HAND MADE DI PONDOK PESANTREN DARUSSALAM BANGUNSARI PONOROGO. PEMBERDAYAAN EKONOMI SANTRI MELALUI PELATIHAN KETERAMPILAN HAND MADE DI PONDOK PESANTREN DARUSSALAM BANGUNSARI PONOROGO, 4 (2). pp. 1-15.

[img]
Preview
Text
Artikel pemberdayaan ekonomi santri 22 - Khusniati Rofiah.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

"Salah satu pesantren di Ponorogo yang dipilih tim sebagai mitra dampingan yang mayoritas santrinya berasal dari kalangan ekonomi bawah adalah Pondok Pesantren Darussalam Bangunsari. Oleh karena itu, pemberdayaan ekonomi ini sangat relevan dan urgen untuk dilakukan dengan sasaran santri Pondok Pesantren Darussalam Bangunsari melalui pembekalan keterampilan kewirausahaan dengan harapan nantinya mereka mampu memperoleh penghasilan secara mandiri untuk memenuhi kebutuhan pokoknya. Pemberdayaan ekonomi santri ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan Community Based Research (CBR) dengan metode Participatory Rapid Appraisal. Program pemberdayaan ekonomi santri ini menuntut mitra dampingan untuk berperan aktif dan terlibat langsung dalam perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi hasil program. Program pemberdayaan ini difokuskan pada keterampilan membuat kerajinan tangan berupa anyaman tas plastik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan ini memiliki nilai positif bagi santri dengan tingkat antusias yang cukup tinggi. Mereka juga telah mampu menguasai keterampilan pembuatan tas anyaman ini secara mandiri.One of the pesantren in Ponorogo chosen by the team as a mentoring partner whose majority of the students come from the lower economic level is the Darussalam Bangunsari Islamic Boarding School. Therefore, this economic empowerment is very relevant and urgent to be carried out with the target subject of Islamic Boarding School Darussalam Bangunsari students through the provision of entrepreneurial skills so that they are able to earn income independently to meet their basic needs. The economic empowerment of students is carried out using a community based research (CBR) approach with the Participatory Rapid Appraisal method. This economic empowerment program requires assisted partners to play an active role and be directly involved in planning, implementing, and evaluating program results. This empowerment program is focused on making hand made skills in the form of woven plastic bags. The results of the study indicate that this activity has a positive value for students with a fairly high level of enthusiasm. In addition, they already have the skills to make these woven bags, as evidenced by their ability to carry on independently.
"

Item Type: Journal Article
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140101 History of Economic Thought
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Eny Supriati
Date Deposited: 05 Apr 2023 03:02
Last Modified: 05 Apr 2023 03:02

Actions (login required)

View Item View Item