KOMPARASI HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING SISWA KELAS IV DI MIN I PONOROGO

Hidayah, Nur and Hidayati, Kurnia (2022) KOMPARASI HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING SISWA KELAS IV DI MIN I PONOROGO. AL THIFL, 2 (2). pp. 167-181.

[img]
Preview
Text
AL THIFL VOL 2 NO 2 TAHUN 2022.pdf

Download (5MB) | Preview
Full text available at: https://ejournal.iainponorogo.ac.id/index.php/thif...

Abstract

Model pembelajaran merupakan seperanpkat metode yang berpengaruh dalam pembelajaran sehingga menyebabkan akłif dan kondusif. Hasil belajar dapat menpalami naik turun sipnifikan karena banyak fakłor, salah satunyci model pembelajaran. Rendahnya hasil Małematika siswa kelas IV di MIN 1 Ponorogo diakibatkan kurang tepałnya model pembelajaran diterapkan.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) menpetohui hasil belajar matematika siswa kelas IV Ói MIN 1 Ponoropo yang menggunakan model pembelajciron quantum learning: (2) menpełahui hasil belajar małematika siswa kelas IV di MIN 1 Ponoropo yang tidak menggunakan model pembelajaran quantum learning, (3) menpełahui perbedaan hasil belajar mołemotika siswa kelas IV cli MIN 1 Ponoropo antara yang menggunakan dan tidak menggunakan model pembelajaran quantum learning.
Jenis penelitian ini adalah kuantitałif dengan desain posttest-only control- öesign. Penelitian dilaksanakan di MIN 1 Ponorogo kelas IV terdiri 48 siswa dengan kelas Al-Idris berjumlah 25 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas Zaid bin Tsabit berjumlah 23 siswa sebagai kelas kontrol.
Hasil dari penelitian yaitu (1) Hasil belojar małematika siswa kelas IV di MIN
1 Ponoropo yang menggunakan model pembelajaran qoanfum learning mendapał nilai rata-rata sebesar 77 dengan presentase nilai kałepori tinggi sebesar 12%, kałepori sedanp sebesar 76%, katepori rendah sebesar 12%.
(2) Hasil belajar małemałika siswa kelas IV di MIN 1 Ponoropo yang łidcik menggunakan model pembelojaran quantum learning mendapał nilai rata-rata sebesar 63,78 dengan presentase nilai kategori tinggi sebesar 22%, katepori sedanp sebesar 56%, katepori rendah sebesar 22%. (3) Terdapat perbedaan sipnifikan hasil belajar matematika siswa kelas IV MIN 1 Ponorogo antara yang menggunakan dan tidak menggunakan model pembelajciran quantum learning.

Item Type: Journal Article
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0199 Other Mathematical Sciences > 019999 Mathematical Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 06 Apr 2023 00:39
Last Modified: 06 Apr 2023 00:39

Actions (login required)

View Item View Item