Muafiah, Evi and Puspita, Ayunda Riska and Damayanti, Vivi V. W. (2020) GENDER EQUALITY AND SOCIAL INCLUSION (GESI)PADA DUA SEKOLAH INKLUSI DI PONOROGO. BINA KETAHANAN KELUARGA OJEK ONLINE DI KABUPATEN PONOROGO PADA MASA PANDEMI COVID-19, 19 (2). ISSN 1412-3460
|
Text
it,+2.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Sekolah Luar Biasa (SLB) yang didirikan untuk membantu Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) dalam mengakses pendidikan, ternyata di sisi lain menjadikan anak-anak ini terkelompokkan berdasar pada kategorisasi kekhususannya, sehingga mereka menjadi eksklusif. Halini berbeda dengan pendidikan inklusif yang memberikan kesempatan kepada semua anak untuk belajar bersama-sama di sekolah umum. Kesempatan belajar tersebut dilaksanakan dengan memperhatikan keragaman dan kebutuhan serta peran gender masing-masing individu. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran bernuansa Gender Equality and Social Inclusion ( GESI) di sekolah inklusi di Ponorogo. Analisis difokuskan pada aspek akses, partisipasi, kontrol, dan manfaat dalam pembelajaran di sekolah tersebut. Tahapan penelitian dimulai dari pengumpulan data (observasi, wawancara, dan dokumentasi), analisis data yang meliputi tahapan reduksi data, paparan data dan verifikasi data serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menyatakan bahwa pembelajaran bernuansa GESI diterapkan dalam pelaksanaan pembelajaran dengan cara memperhatikan kebutuhan dan kemampuan siswa yang beragam terutama pada siswa berkebutuhan khusus dan tanpa membeda-bedakan antara peran laki-laki dan perempuan. Kata Kunci: Gender Equality, Social Inclusion, Sekolah Inklusi
Item Type: | Journal Article |
---|---|
Subjects: | 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1608 Sociology > 160806 Social Theory 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1699 Other Studies in Human Society > 169901 Gender Specific Studies |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Eny Supriati |
Date Deposited: | 10 Apr 2023 03:33 |
Last Modified: | 10 Apr 2023 03:33 |
Actions (login required)
View Item |