Widyaningrum, Retno (2022) Pra Asesmen Kompetensi Minimal (AKM) pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6 (5). pp. 5244-5257. ISSN ISSN: 2549-8959 (Online) 2356-1327 (Print)
|
Text
2823-13404-1-PB.pdf Download (572kB) | Preview |
Abstract
Upaya peningkatan mutu pendidikan harus dilaksanakan dalam berbagai aspek seperti
perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Salah satu konsep evaluasi yang ditawarkan adalah
Asesmen Kompetensi Minimal atau AKM. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan
Konsep Pra AKM di PAUD meliputi pra literasi membaca dan pra literasi numerasi, dengan
menggunakan indikator asesmen pada anak usia dini. Penelitian ini menggunakan metode
kualitatif dengan pendekatan library research. Data penelitian berupa informasi dari buku-buku
referensi baik hardcopy maupun softcopy yang bisa dipertangungjawabkan. Teknik analisa data
menggunakan analisis isi. Hasis analisis data menunjukkan bahwa bentuk-bentuk pra AKM
merupakan asesmen yang diberikan kepada anak usia dini dengan prinsip tetap bermain dan
menyenangkan, sehingga anak tidak merasa dilakukan evaluasi. Dengan konsep-konsep
kasus realitas akan memberikan pemahaman kepada peserta didik
Item Type: | Journal Article |
---|---|
Keyword: | minimum competency assessment; literacy; early childhood education |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Depositing User: | Fransisca Puspitasari |
Date Deposited: | 12 Apr 2023 07:58 |
Last Modified: | 12 Apr 2023 07:58 |
Actions (login required)
View Item |