Susilowati, Tintin (2021) Pengembangan Pembelajaran Speaking Berbasis Teori Translanguaging Menggunakan Aplikasi English For Kid. PISCES: Proceeding of Integrative Science Education Seminar, 1 (1). pp. 345-352. ISSN p-ISSN 2808-5337 e-ISSN 2808-5345
|
Text
Proceding.Pengembangan Pembelajaran Speaking Berbasis Teori Translanguaging.pdf Download (322kB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran bahasa Inggris untuk anak-anak di Indonesia belum
menunjukkan hasil yang memuaskan meskipun pembelajaran tersebut
telah dilaksanakan sejak tahun 1994. Esensi utama dari belajar bahasa
Inggris adalah pembelajar pemula mampu menggunakan bahasa ini
secara komunikatif. Kenyataan secara umum menunjukkan pembelajaran
bahasa Inggris tingkat dasar di Indonesia lebih menitik beratkan untuk
membangun pengetahuan bahasa Inggris daripada kemampuan untuk
berkomunikasi. Artikel ini bertujuan untuk mengkaji tentang
pengembangan pembelajaran speaking berbantu aplikasi English for kid
dengan menekankan pada aspek multilingualism dalam proses
pembelajaran. Pada proses pembelajaran materi yang otentik dikemas
melalui aplikasi ini sedangkan guru secara aktif membangun atmosfer
komunikatif siswa dengan menekankan penggunaan bahasa Inggris
didukung oleh bahasa daerah dan bahasa ibu sehingga penguasaan isi
menjadi lebih efektif dan komprehensif. Implikasi dari penelitian ini adalah penggunaan teori translanguaging dalam belajar bahasa di Indonesia sangatlah sesuai karena Indonesia adalah negara multilingual. Selain menguatkan penguasaan pembelajar pemula akan bahasa Inggris,
juga dapat menjadi alternatif untuk melestarikan bahasa lokal dan bahasa
ibu di negaranya sendiri, Indonesia
Item Type: | Journal Article |
---|---|
Subjects: | 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2003 Language Studies > 200313 Indonesian Languages |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Bahasa Inggris |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 13 Apr 2023 16:01 |
Last Modified: | 13 Apr 2023 16:01 |
Actions (login required)
View Item |