Pengembangan Buku Ajar Qawa’id Berperspektif Gender Pada Jurusan Pendidikan Bahasa Arab IAIN Ponorogo

Faiq, Ainurrofiq Pengembangan Buku Ajar Qawa’id Berperspektif Gender Pada Jurusan Pendidikan Bahasa Arab IAIN Ponorogo. Project Report. LPPM IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Pengembangan Buku Ajar Qawa’id Berperspektif Gender Pada Jurusan Pendidikan Bahasa Arab IAIN Ponorogo.pdf

Download (991kB) | Preview

Abstract

Struktur buku ajar qawa’id kebanyakan masih menekankan pada teori-teori gramatika. Hal ini menjadikan peserta didik lebih banyak mengkaji dan menguasai ranah teoritis namun kurang terampil dalam menyelesaikan latihan-latihan praktis. Selain itu, corak contoh-contoh yang ditampilkan masih bias karena peran laki-laki sangat dominan. Pelanggengan bias gender dalam contoh dimulai dari kontruksi budaya kemudian masuk pada buku ajar diteruskan oleh pengajar dan kemudian diterima oleh peserta didik. Untuk mengurangi pengaruh bias diperlukan usaha-usaha, minimal mereproduksi buku ajar teks qawa’id yang ada. Penelitian ini hendak mengembangan model buku ajar Qawai’d 1 yang berperspektif gender untuk peserta didik Jurusan Pendidikan Bahasa Arab. Pengembangan buku ajar Qawa’id 1 diawali dengan menganalisis bahan ajar yang ada, kemudian memulai pengembangan, dilanjutkan dengan melakukan pengujian buku ajar. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa hasil validasi aspek materi mendapatkan nilai rata-rata 3,90 yang berarti dalam kriteria baik. Aspek perwajahan dan pengemasan nilai rata-ratanya adalah 4,00 yang juga termasuk pada kriteria baik. Sedangkan aspek internalisasi perspektif gender nilai rata-ratanya adalah 3,88 yang juga termasuk pada kriteria baik. Setelah dilakukan revisi-revisi, penyusun buku ajar kemudian melakukan pengujian melalui evaluasi formatif dalam kelompok kecil (small group trial) nilai rata-rata tanggapan mahasiswa terhadap kelayakan buku hasilnya adalah 85,5%, yang termasuk pada kategori baik/layak digunakan, artinya buku ajar hasil pengembangan layak untuk dipergunakan dalam pembelajaran Qawaid 1.

Item Type: Research (Project Report)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 15 Apr 2023 11:52
Last Modified: 15 Apr 2023 11:52

Actions (login required)

View Item View Item