Mukhlas, Moh (2008) Aktualisasi Konsep Pendidikan Akhlak Al-Ghazali dalam Pembinaan Remaja. Al-Ta'dib: Joural of Educational Pesantren, 3 (1). pp. 19-41. ISSN 0216-9142/2503-3514
|
Text
491-940-1-PB.pdf Download (177kB) | Preview |
Abstract
Al-Ghazaliadalah salah seorang pemikir ulung yang tidak
hanya menyoroti hal-hal yang berkaitan dengan filsafat dan
tasawuf, akan tetapi beliau juga mengupas eksistensi akhlak
dalam kehidupan manusia. Pelaksanaan pendidikan akhlak,
terutama di kalangan remaja akhir-akhir ini masih dianggap
kurang memadai dan kurang berpedoman pada ketentuanketentuan yang berlaku, seperti norma-norma hukum yang
berlaku di suatu tempat. Hal ini dapat dibuktikan dengan
banyaknya dekadensi moral dalam berbagai bentuk, seperti
penyalahguunaan obat-obat terlarang, pergaulan bebas yang
dilakukan oleh remaja, dan lain-lain. Untuk itu, tulisan ini
berusaha mengungkap secara konseptual aktualisasi pendidikan
akhlak al-Ghazali padaremaja dengan menggunakan pendekatan
deskriptifafialistis. Dari hasilanalisis diketahui bahwaaktualisasi
konsep pendidikan akhlak al-Ghazali padaremaja yang memiliki
berbagai macam perkembangan adalah dengan cara
menanamkan keimanan dan akhlak yang baik dengan metode
yang sesuai dengan perkembangan individunya.
Item Type: | Journal Article |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130307 Ethnic Education |
Divisions: | Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 15 Apr 2023 11:53 |
Last Modified: | 15 Apr 2023 11:53 |
Actions (login required)
View Item |