Aktualisasi Konsep Pendidikan Akhlak Al-Ghazali dalam Pembinaan Remaja

Mukhlas, Moh (2008) Aktualisasi Konsep Pendidikan Akhlak Al-Ghazali dalam Pembinaan Remaja. Al-Ta'dib: Joural of Educational Pesantren, 3 (1). pp. 19-41. ISSN 0216-9142/2503-3514

[img]
Preview
Text
491-940-1-PB.pdf

Download (177kB) | Preview
Full text available at: http://dx.doi.org/10.21111/at-tadib.v3i1.491

Abstract

Al-Ghazaliadalah salah seorang pemikir ulung yang tidak
hanya menyoroti hal-hal yang berkaitan dengan filsafat dan
tasawuf, akan tetapi beliau juga mengupas eksistensi akhlak
dalam kehidupan manusia. Pelaksanaan pendidikan akhlak,
terutama di kalangan remaja akhir-akhir ini masih dianggap
kurang memadai dan kurang berpedoman pada ketentuanketentuan yang berlaku, seperti norma-norma hukum yang
berlaku di suatu tempat. Hal ini dapat dibuktikan dengan
banyaknya dekadensi moral dalam berbagai bentuk, seperti
penyalahguunaan obat-obat terlarang, pergaulan bebas yang
dilakukan oleh remaja, dan lain-lain. Untuk itu, tulisan ini
berusaha mengungkap secara konseptual aktualisasi pendidikan
akhlak al-Ghazali padaremaja dengan menggunakan pendekatan
deskriptifafialistis. Dari hasilanalisis diketahui bahwaaktualisasi
konsep pendidikan akhlak al-Ghazali padaremaja yang memiliki
berbagai macam perkembangan adalah dengan cara
menanamkan keimanan dan akhlak yang baik dengan metode
yang sesuai dengan perkembangan individunya.

Item Type: Journal Article
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130307 Ethnic Education
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 15 Apr 2023 11:53
Last Modified: 15 Apr 2023 11:53

Actions (login required)

View Item View Item