Strategi Daya Saing Peningkatan Minat pada Program Studi Manajemen Zakat dan Wakaf

Masykuroh, Ely and Sudrajat, Anton (2022) Strategi Daya Saing Peningkatan Minat pada Program Studi Manajemen Zakat dan Wakaf. NIDHOMIYA: Research Journal of Islamic Philanthropy and Disaster, 1 (1). pp. 130-147.

[img]
Preview
Text
942-Article Text-2882-2-10-20221010.pdf

Download (380kB) | Preview

Abstract

Adanya fenomena kelangkaan peminat jurusan/program studi manajemen zakat
dan wakaf di hampir seluruh PTKIN di Indonesia dibandingkan dengan jurusan/program
studi yang lain, - menjadi suatu keniscayaan bagi pemangku kebijakan, khususnya
jurusan/program studi untuk berupaya meningkatkan daya saing dengan cara
merumuskan strategi-strategi yang tepat. Pendekatan dalam penyusunan strategi
menggunakan analisis multi kriteria (MCA) dan dianalisis dengan Analytical Hierarchy
Process (AHP) dengan berpijak dari teori strategi daya saing Porter yang meliputi keunggulan biaya, diferensiasi, dan focus dengan mengambil lokus penelitian di IAIN Ponorogo. Hasil penelitian ini menawarkan alternatif strategi untuk meningkatkan daya saing program studi manajemen zakat dan wakaf melalui keunggulan biaya, diferensiasi, dan fokus dimana masing-masing strategi memiliki kelebihan dan kekurangan. Namun, bentuk alternatif strategi yang tepat pada saat ini adalah diferensiasi

Item Type: Journal Article
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149901 Comparative Economic Systems
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Eny Supriati
Date Deposited: 16 Apr 2023 17:17
Last Modified: 16 Apr 2023 17:17

Actions (login required)

View Item View Item