Pengukuran English Vocabulary Size dengan Computerized-Adaptive Testing

Wulansari, Andhita Dessy and Kirana, Dhinuk Puspita (2023) Pengukuran English Vocabulary Size dengan Computerized-Adaptive Testing. Thalibul Ilmi, Gresik. ISBN 978-623-8224-05-0

[img]
Preview
Text
PENGUKURAN ENGLISH VOCABULARY SIZE DENGAN COMPUTERIZED-ADAPTIVE TESTING-1.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Buku ini membahas tentang bagaimana membangun atau mengembangkan Computerized-Adaptive Testing (CAT) dengan algoritma berdasarkan Item Response Theory (IRT). Sebagaimana yang diketahui bahwa bagi pembelajar bahasa inggris, hal utama yang harus dikuasai terlebih dahulu adalah vocabulary. Penguasaan vocabulary yang banyak merupakan fasilitas utama untuk bisa menyusun kalimat dan berbicara dengan lancar. Untuk mencapai standar yang tinggi dan mencapai kemahiran seperti native speaker, siswa perlu mengetahui sekitar 20.000 rumpun kata (tidak termasuk nama yang tepat dan bentuk yang diturunkan secara transparan). Untuk mengetahui vocabulary yang telah dipelajari, diperlukan vocabulary size test. Vocabulary Size Test (VST) yang banyak digunakan oleh para peneliti dirancang oleh Nation. Tes tersebut dirancang untuk memberikan perkiraan vocabulary size untuk pelajar bahasa asing. Selama ini di berbagai tempat VST diselanggarakan secara manual/klasik yang biasa dikenal sebagai Paper Based Test. Paper Based Test (PBT) yang diselenggarakan di berbagai tempat selama ini dinilai kurang efektif dan efesien, banyak masalah/kendala pada saat penyiapan sampai dengan distribusi soal tes, perlu scanning LJK dan scoring sehingga membutuhkan biaya, tenaga dan waktu yang ekstra. Untuk mengatasi hal tersebut lahirlah Computerized-Adapative Testing. Computerized-Adapative Testing adalah perkembangan dari CBT. Computerized-Adapative Testing (CAT) memiliki kelebihan untuk menyesuaikan item soal tes yang diberikan dengan kemampuan peserta tes. Selain itu kelebihan CAT adalah, tes akan berhenti jika estimasi kemampuan peserta tes sudah dapat diketahui sehingga waktu lebih efesien dan lebih efektif. Kemampuan peserta tes dapat diestimasi dengan Item Response Theory (IRT). Demikian halnya dengan estimasi parameter item/butir soal. Besarnya hasil estimasi parameter item/butir soal inilah yang nantinya akan dibandingkan dengan kemampuan peserta tes.

Item Type: Book
Keyword: COMPUTERIZED-ADAPTIVE TESTING , ITEM RESPONSE THEORY, ENGLISH VOCABULARY SIZE
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0104 Statistics > 010401 Applied Statistics
Depositing User: Ms. Andhita Dessy Wulansari
Date Deposited: 17 Apr 2023 05:28
Last Modified: 18 Apr 2023 01:30

Actions (login required)

View Item View Item