Tahsinu Al-Salah Sebagai Media Spiritual Bimbingan Konseling Perspektif Multikultural

Tanzilulloh, M Ilham (2016) Tahsinu Al-Salah Sebagai Media Spiritual Bimbingan Konseling Perspektif Multikultural. KONSELING RELIGI Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 7 (1). pp. 189-208. ISSN 2477-2100

[img]
Preview
Text
Ilham Tanzilullah.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (514kB) | Preview

Abstract

Keberagaman dalam lapisan masyarakat terkadang melahirkan problem sosial yang sangat kompleks hingga mengakibatkan adanya penyakit kejiwaan pada setiap individu. Hal ini tentunya memerlukan adanya pemecahan solusi. Salah satu metode yang digunakan untuk meminimalisir tingkat kerawanan penyakit jiwa yaitu dengan bimbingan konseling yang disesuaikan ajaran Islam. Konseling Islam adalah sebuah layanan bantuan bagi individu dari seorang konselor dengan menggunakan teknik-teknik tertentu yang berupaya untuk membantu ketidak mampuannya dalam menghadapi permasalahan. Sebagai bagian dari media spiritual konseng Islami shalat merupakan salah satu kewajiban yang diamanahkan kepada umat muslim. Di dalamnya terdapat gerakan dan bacaan yang sangat dalam maknanya. Pelaksanaan konsep shalat yang benar serta sanggup menginternalisasikan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya mampu menjadikan umat muslim yang muhsinin disertai dengan akhlaq mulia. Melalui penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan kepustakaan tulisan ini membahas tentang model pendidikan moral menggunakan terapi tahsinu al-salah (memperindah shalat) yang berimplikasi pada pembenahan perilaku kehidupan seseorang. Dengan tertatanya paradigma berpikir individu, solusi yang sebelumnya menjadi sebuah harapan akan hadir untuk mengatasi problem yang ada.

Item Type: Journal Article
Keyword: Implementation, tahsinu al-salah, counseling guidance, multicultural
Subjects: ?? 200 ??
?? 2X4 ??
Divisions: ?? s1_as ??
Depositing User: ilham tanzilulloh
Date Deposited: 21 Jun 2017 10:13
Last Modified: 21 Jun 2017 10:13

Actions (login required)

View Item View Item