Bimbingan Kelompok Berorientasi Rekreatif (BKBR): Model Alternatif untuk Melatih Kecerdasan Emosional Anak Usia Dini

Rohmah, Umi (2023) Bimbingan Kelompok Berorientasi Rekreatif (BKBR): Model Alternatif untuk Melatih Kecerdasan Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7 (3). pp. 3147-3158. ISSN ISSN: 2549-8959 (Online) 2356-1327 (Print)

[img] Text
Artikel_Bimbingan klpk_Jurnal Obsesi_Umi Rohmah.pdf

Download (505kB)

Abstract

Untuk mendukung pertumbuhan anak usia dini yang sesuai dengan tahap perkembangan
yang baik dibutuhkan tingkat kecerdasan emosional yang optimal. Namun harapan ini tidak
menunjukkan pada kondisi yang ideal di banyak tempat. Pada TK Muslimat 01 Ponorogo,
faktanya menunjukkan data yang mencengangkan; mayoritas muridnya memiliki kecerdasan
emosional sedang dan bahkan rendah sehingga membutuhkan bantuan dari guru untuk
melatih kecerdasan emosionalnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan model
bimbingan kelompok yang efektif untuk melatih kecerdasan emosional anak. Penelitian ini
menggunakan pendekatan Research and Development jenis Mixed Methods. Pengumpulan data
dilakukan melalui teknik observasi dan wawancara. Pedoman observasi merujuk pada
indikator yang dikembangkan oleh Mashar. Sedangkan pedoman wawancara yang
digunakan peneliti divalidasi tiga orang ahli. Teknis analisis data secara deskriptif untuk
data kualitatif dan ANCOVA untuk data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa,
Model Bimbingan Kelompok Berorientasi Rekreatif (BKBR) terbukti efektif melatih
kecerdasan emosional anak di TK Muslimat 01 Ponorogo.
Kata Kunci: bimbingan kelompok; kecerdasan emosional; anak usia dini

Item Type: Journal Article
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 16 Jun 2023 02:36
Last Modified: 16 Jun 2023 02:36

Actions (login required)

View Item View Item