Rohmah, Umi and Dina, Dina (2021) STRATEGI PENGEMBANGAN PROGRAM TAHFIDZ DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING DI MADRASAH DINIYAH (Studi Kasus di Madrasah Diniyah Al-Bazariyyah Tempursari Wungu Madiun. Excelencia: Journal of Islamic Education & Management, 1 (1). ISSN 2777-1458
|
Text
Program tahfidh_Umi Rohmah.pdf Download (596kB) | Preview |
Abstract
Melalui strategi pengembangan program, di Madrasah Diniyah Al-Bazariyyah Tempursari
Wungu Madiun diharapkan akan memberikan peningkatan kualitas dari Madrasah Diniyah Al�Bazariyyah di tengah masyarakat. Tujuan penelitian untuk: (1) menjelaskan komponen apa saja yang
dikembangkan dalam program tahfidz di Madrasah Diniyah Al-Bazariyyah Tempursari Wungu
Madiun dalam meningkatkan daya saing, (2) menjelaskan strategi pengembangan program tahfidz di
Madrasah Diniyah Al-Bazariyyah Tempursari Wungu Madiun dalam meningkatkan daya saing, (3)
menjelaskan dampak pengembangan program bagi santri di Madrasah Diniyah Al-Bazariyyah
Tempursari Wungu Madiun. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan deskripsi
analisis, yaitu, deskripsi naratif dari proses perilaku subjek sesuai dengan masalah yang diteliti. Desain
penelitian menggunakan studi kasus observasi yang terkait dengan strategi pengembangan kurikulum
di Madrasah Diniyah Al-Bazariyyah Tempursari Wungu Madiun. Teknik pengumpulan data adalah:
(1) wawancara mendalam, (2) observasi, dan (3) studi dokumentasi. Teknik analisis data
menggunakan teknik deskriptif dengan tiga Langkah: (1) Data Reduction atau reduksi data, (2) Data
Display atau penyajian data, dan (3) menarik kesimpulan. Untuk memverifikasi validitas data untuk
mendapatkan temuan penelitian yang valid dan dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya
menggunakan tehnik: (1) memperpanjang periode pengamatan, (2) pengamatan berkelanjutan, dan (3)
triangulasi. Temuan penelitian di Madrasah Diniyah Al-Bazariyyah Tempursari Wungu Madiun
adalah (1) komponen pengembangan program Tahfidz Al-Qur’an meliputi (a). Perencanaan
pembelajaran tahfidz Al-Qur’an; (b). Pelaksanaan pembelajaran tahfidz Al-Qur’an; (c). Evaluasi
pembelajaran tahfidz Al-Qur’an., (2) Strategi Pengembangan program Tahfidz Al-Qur’an meliputi
(a). Pengembangan pada tingkat lembaga, yang meliputi perumusan tujuan lembaga, menetapkan isi
dan struktur program (b). Pengembangan program setiap pelajaran, (c). pengembangan program
pembelajaran di kelas. (3) Dampak pengembangan program berpengaruh penting untuk membentuk
karakter santri dalam kehidupannya seperti disiplin, berprestasi, mandiri, berakhlaqul karimah, dan
jujur. Dalam meningkatkan daya saing sesuai dengan visi,misi dan tujuan, kualitas pembelajaran
akademik dan non akademik, keberadaan program unggulan tahfidz Al-Qur’an meningkatkan karakter
mulia dan prestasi santri. Saran bagi kepala madrasah dan pemangku kepentingan di Madrasah
Diniyah Al-Bazariyyah secara berkesinambungan mempertahankan dan meningkatkan lebih baik lagi.
Item Type: | Journal Article |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 16 Jun 2023 02:37 |
Last Modified: | 16 Jun 2023 02:37 |
Actions (login required)
View Item |