STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM MENDAYAGUNAKAN TENAGA PENDIDIK DI MADRASAH DINIYAH AL-BAZARIYYAH TEMPURSARI WUNGU MADIUN

Rohmah, Umi and Budairi, Ahmad (2021) STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM MENDAYAGUNAKAN TENAGA PENDIDIK DI MADRASAH DINIYAH AL-BAZARIYYAH TEMPURSARI WUNGU MADIUN. Excelencia: Journal of Islamic Education & Management, 1 (1). pp. 97-107. ISSN 2777-1458

[img] Text
Strategi kepala sekolah_Umi Rohmah.pdf

Download (525kB)

Abstract

Tenaga pendidik yang dapat diandalkan dan berkualitas memainkan peran utama dalam proses
meningkatkan kinerja. Beberapa faktor yang dapat memengaruhi kinerja tenaga pendidik adalah
strategi kepala madrasah untuk menciptakan lingkungan kerja yang baik dan motivasi yang benar.
Peran kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja tidak dapat dipisahkan dari strategi
kepemimpinan lembaga pendidikan madrasah diniyah. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan dan
menganalisis hal-hal berikut: (1) Peran Kepala Madrasah Diniyah Al-Bazariyyah Tempursari Wungu
Madiun dalam Mendayagunakan Tenaga Pendidik, (2) Strategi Kepala Madrasah Diniyah Al�Bazariyyah Tempursari Wungu Madiun dalam Mendayagunakan Tenaga Pendidik, (3) untuk
menemukan dan menganalisis hambatan dan solusi Kepala Madrasah Diniyah Al-Bazariyyah
Tempursari Wungu Madiun dalam Mendayagunakan Tenaga Pendidik. Pendekatan yang digunakan
dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Data yang
98  Ahmad Budairi
1)
Umi Rohmah
2)
/ Strategi Kepala Madrasah
dikumpulkan melalui metode: wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan
tiga baris, yaitu, menyajikan data, reduksi data dan kesimpulan. Studi ini menemukan bahwa peran
dan strategi kepemimpinan kepala madrasah dapat meningkatkan pendayagunaan tenaga pendidik di
Madrasah Diniyah Al-Bazariyyah Tempursari Wungu Madiun, ini ditunjukkan oleh keberadaan
pendidik, selalu disiplin, pada waktunya untuk bekerja, pembagian tugas sesuai kompetensi dan
keahlian. Pada sisi lain, kepala madrasah dapat dikatakan memiliki sifat lembut, sopan dan bersikap
kekeluargaan dengan semua tenaga pendidik,serta ambil bagian dalam memberi solusi setiap masalah
yang ada, mencarikan jalan keluar dari hambatan yang ada serta menjaga kebersamaan di lingkungan
madrasah. Saran yang disajikan oleh peneliti konstruktif, yaitu untuk mencapai hasil maksimal dalam
mendayagunakan tenaga pendidik pendekatan personal harus lebih diutamakan. Tanpa membedakan
diantara semua tenaga pendidik, menghindari sedapat mungkin munculnya konflik dalam lingkungan
madrasah diniyah Al-Bazariyyah.
Keywords: manajemen madrasah, strategi kepala madrasah, tenaga pendidik

Item Type: Journal Article
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 16 Jun 2023 02:37
Last Modified: 16 Jun 2023 02:37

Actions (login required)

View Item View Item