Mutu Layanan Pendidikan Madrasah (Penelitian Pelayanan Terpadu Satu Pintu di MTsN 1 Ponorogo)

Rifqi Nashrul Fuad Amrulloh, Nasrul and Ahmadi, Ahmadi (2022) Mutu Layanan Pendidikan Madrasah (Penelitian Pelayanan Terpadu Satu Pintu di MTsN 1 Ponorogo). Excelencia : Journal of Islamic Education & Management, 02 (02). pp. 29-44. ISSN e-ISSN: 2777-1458, p-ISSN: 2776-4451

[img]
Preview
Text
1210-Article Text-3786-2-10-20221110.pdf

Download (293kB) | Preview
Full text available at: https://ejournal.iainponorogo.ac.id/index.php/exce...

Abstract

Mutu layanan pendidikan madrasah sangat penting bagi pemerintah dan masyarakat. Salah satu permasalahan madrasah yang dihadapi bangsa Indonesia saat ini adalah rendahnya kualitas layanan di semua jenis dan jenjang pada lembaga pendidikan. Berbagai upaya telah ditempuh untuk meningkatkan kualitas layanan pendidikan madrasah, diantaranya dengan berbagai pelatihan bagi pendidik dan peningkatan kompetensi tenaga kependidikan, pengadaan bahan baca, perbaikan sarana penunjang dan prasarana. Akan tetapi peningkatan kualitas layanan pendidikan madrasah belum menampakkan hasil yang signifikan dan menyeluruh. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif, adalah penelitian yang menggambarkan atau memaparkan data yang diperoleh peneliti yang berkaitan dengan pembahasan tentang mutu layanan pendidikan madrasah di MTsN 1 Ponorogo. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dengan 3 tahapan yaitu, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Kemudian pengecekan keabsahan data dengan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Berdasarkan proses pengumpulan dan analis data, Penulis menghasilkan: 1. Perencanaan mutu layanan pendidikan madrasah dilakukan dengan penetapan arah mutu prima, strategi mencapai mutu prima, dan penetapan strategi mencapai mutu prima. 2. Pelaksanaan mutu layanan pendidikan madrasah berfokus terhadap pemenuhan kebutuhan pembelajaran, pelayanan terpadu satu pintu (PTSP), pelayanan berbasis digital, serta pelayanan sarana dan prasarana. 3. Peningkatan mutu layanan pendidikan madrasah berfokus terhadap peningkatan sistem layanan, peningkatan progam layanan pendidikan, peningkatan mutu tenaga kependidikan/nonkependidikan, dan peningkatan sistem layanan digital. 4. Evaluasi mutu layanan pendidikan madrasah dilakukan dengan memberikan pengawasan secara langsung yang dilakukan kepala madrasah dengan terjun ke lapangan, evaluasi secara personal, evaluasi secara rapat dinas setiap sebulan sekali, evaluasi progam-progam madrasah, dan evaluasi kualitas layanan dengan memberikan reward kepada tenaga pendidik, karyawan dan tenaga/staf administrasi.

Item Type: Journal Article
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 17 Jun 2023 12:24
Last Modified: 17 Jun 2023 12:24

Actions (login required)

View Item View Item