Strategi Kepala Madrasah Dalam Mendayagunakan Tenaga Pendidik Di Madrasah Diniyyah Al-Bazariyyah Tempursari Wungu Madiun

Budairi, Ahmad and Rohmah, Umi (2021) Strategi Kepala Madrasah Dalam Mendayagunakan Tenaga Pendidik Di Madrasah Diniyyah Al-Bazariyyah Tempursari Wungu Madiun. Excelencia: Journal of Islamic Education & Management, 1 (1). pp. 97-107. ISSN 2777-1458

[img] Text
09-strategi kepala madrasah-Umi rohmah.pdf

Download (525kB)

Abstract

Tenaga pendidik yang dapat diandalkan dan berkualitas memainkan peran utama dalam proses meningkatkan kinerja. Beberapa faktor yang dapat memengaruhi kinerja tenaga pendidik adalah strategi kepala madrasah untuk menciptakan lingkungan kerja yang baik dan motivasi yang benar. Peran kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja tidak dapat dipisahkan dari strategi kepemimpinan lembaga pendidikan madrasah diniyah. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan dan menganalisis hal-hal berikut: (1) Peran Kepala Madrasah Diniyah Al-Bazariyyah Tempursari Wungu Madiun dalam Mendayagunakan Tenaga Pendidik, (2) Strategi Kepala Madrasah Diniyah AlBazariyyah Tempursari Wungu Madiun dalam mendayagunakan Tenaga Pendidik, (3) untuk menemukan dan menganalisis hambatan dan solusi Kepala Madrasah Diniyah Al-Bazariyyah Tempursari Wungu Madiun dalam Mendayagunakan Tenaga Pendidik. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Data yang dikumpulkan melalui metode: wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan
tiga baris, yaitu, menyajikan data, reduksi data dan kesimpulan. Studi ini menemukan bahwa peran dan strategi kepemimpinan kepala madrasah dapat meningkatkan mendayagunaan tenaga pendidik di Madrasah Diniyah Al-Bazariyyah Tempursari Wungu Madiun, ini ditunjukkan oleh keberadaan pendidik, selalu disiplin, pada waktunya untuk bekerja, pembagian tugas sesuai kompetensi dan
keahlian. Pada sisi lain, kepala madrasah dapat dikatakan memiliki sifat lembut, sopan dan bersikap kekeluargaan dengan semua tenaga pendidik,serta ambil bagian dalam memberi solusi setiap masalah yang ada, mencarikan jalan keluar dari hambatan yang ada serta menjaga kebersamaan di lingkungan madrasah. Saran yang disajikan oleh peneliti konstruktif, yaitu untuk mencapai hasil maksimal dalam
mendayagunakan tenaga pendidik pendekatan personal harus lebih diutamakan. Tanpa membedakan diantara semua tenaga pendidik, menghindari sedapat mungkin munculnya konflik dalam lingkungan madrasah diniyah Al-Bazariyyah.
Keywords: manajemen madrasah, strategi kepala madrasah, tenaga pendidik

Item Type: Journal Article
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Jun 2023 08:44
Last Modified: 23 Jun 2023 08:44

Actions (login required)

View Item View Item