Ahmadi, Ahmadi and Khusnul Koyimah, Khusnul (2022) PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Studi Penelitian Kualitatif Tentang Mutu Pembelajaran PAI di SMPN 1 Jetis Ponorogo). edumanagerial, 1 (1). pp. 93-105.
|
Text
3.PENGEM.PEMB.edumanageria..pdf Download (218kB) | Preview |
Abstract
Latar belakang penulis meneliti atau mengambil judul ini adalah karena penulis
memandang pembelajaran merupakan salah satu kegiatan penting dalam pendidikan
khususnya di SMPN 1 Jetis Ponorogo. Sebuah pembelajaran yang dimanajemen secara
baik akan semakin mudah untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Kemudian agar
mengetahui sejauh mana program-program pembelajaran yang dilaksanakan hingga
mampu menjadi sekolah unggulan di kabupaten Ponorogo dan ingin mengetahui
program-program pembelajaran pendidikan agama Islam yang diterapkan. Dari hal
tersebut, perlu dipikirkan bagaimana cara mengembangkan pembelajaran tersebut
agar tercipta mutu pembelajaran pendidikan agama Islam yang baik dan terarah serta
dapat menciptakan siswa siswi yang berkepribadian baik, berbudi luhur, yang memiliki
nilai-nilai ajaran Islam yang luas. Suatu pembelajaran khususnya pembelajaran PAI
tidak akan berjalan dengan baik apabila tidak adanya pengembangan pembelajaran
yang baik pula. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan
pembelajaran pendidikan agama islam di SMP Negeri 1 Jetis Ponorogo. Metode yang
digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif dan subjek dari penelitian ini guru PAI
dan siswa di SMP Negeri 1 Jetis Ponorogo. Data diperoleh dan dikumpulkan dengan
menggunakan observasi, dokumentasi dan wawancara. Berdasarkan analisis data
ditemukan bahwa penyusunan perangkat pembelajaran PAI di SMPN 1 Jetis dalam
penyusunan perangkat pembelajaran PAI terdapat beberapa komponen utama yaitu
program tahunan (prota), program semester (promes), silabus, rancangan perangkat
pembelajaran (RPP) dan media pembelajaran. Selain itu, dalam proses pembelajaran
di SMPN 1 Jetis terdapat beberapa kegiatan yang dilaksanakan yakni kegiatan
pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Selain itu, bahwa dalam upaya
mengembangkan pembelajaran PAI di SMPN 1 Jetis guru selain menyampaikan materi
di dalam kelas, guru juga lakukan seperti salah satunya dengan mengadakan kegiatan
di luar jam sekolah atau kegiatan extrakulikuler yang bernuansa keagamaan seperti
halnya tahfid Al-Qur’an. Hal ini dimaksudkan agar peserta didik memiliki motivasi
dan minat terhadap pembelajaran pendidikan agama islam
Item Type: | Journal Article |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 09 Oct 2023 03:19 |
Last Modified: | 09 Oct 2023 03:19 |
Actions (login required)
View Item |