INTEGRASI ECOLITERACY PADA MATA PELAJARAN KEAGAMAAN DI SEKOLAH ADIWIYATA MANDIRI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 2 MADIUN

Widayanti, Esti Yuli and Effendi, Mukhlison and Sofa, Siska Nur INTEGRASI ECOLITERACY PADA MATA PELAJARAN KEAGAMAAN DI SEKOLAH ADIWIYATA MANDIRI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 2 MADIUN. Ibriez: Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 8 (2). pp. 241-252. ISSN 2548-4176

[img] Text
jurnal ibriez23.pdf

Download (401kB)
Full text available at: https://ibriez.iainponorogo.ac.id/index.php/ibriez...

Abstract

Ecoliteracyadalah level pemahaman siswa terhadap lingkungan dari aspek pengetahuan, sikap, perilaku, dan spirit terhadap lingkungan. Dalam implementasi pembelajaran berbasis ecoliteracy, maka seorang guru perlu mengelola pembelajarannya sesuai dengan muatan materi yang mengintegrasikan antara materi berbasis ecoliteracydan materi mata pelajaran sesuai dengan kurikulum yang berlaku. Di MIN 2 Madiun, implementasi materi ecoliteracydilakukan sejalan dengan pelaksanaan pendidikan lingkungan hidup di dalam program adiwiyata. Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi pengintegrasian materi ecoliteracypada mata pelajaran keagamaan yang dilakukan oleh guru MIN 2 Madiun pada RPP serta menganalisis aspek ecoliteracyyang ada pada RPP. Penelitian dilaksanakan melalui pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data adalah dokumentasi kurikulum serta guru penyusun kurikulum. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara dokumentasi dan wawancara. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini selain peneliti sebagai instrumen utama adalah daftar dokumen serta pedoman wawancara. Hasil penelitian ini adalah: 1) integrasi materi ecoliteracyyang dilakukan di MIN 2 Madiun pada mata pelajaran keagaman dilakukan pada seluruh mata pelajaran keagamaan, yaitu Akidah Akhlak, Al-Qur’an Hadits, Fiqih, Bahasa Arab, dan SKI. Namun demikian tidak semua materi pada mata Pelajaran keagamaannya terintegrasi dengan muatanecoliteracy. Materi ecoliteracyyang diintegrasikan meliputi: kebersihan-sanitasi-drainase, penanaman dan pemeliharaan pohon serta tumbuhan, kemudian konservasi air; 2) RPP mata pelajaran keagamaan yang mengintegrasikan materi ecoliteracy, telah mengimplementasikan aspek pengetahuan, sikap, tindakan, dan spirit pada komponen RPP yaitu pada komponen tujuan, materi, metode, langkah/kegiatan, sumber, dan evaluasi pembelajaran

Item Type: Journal Article
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 19 Jan 2024 02:06
Last Modified: 19 Jan 2024 02:06

Actions (login required)

View Item View Item