SISTEM PENILAIAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Studi Kasus di SMA Negeri 3 Malang)

Hawwin Muzakki, Hawwin (2013) SISTEM PENILAIAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Studi Kasus di SMA Negeri 3 Malang). Masters thesis, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

[img]
Preview
Text
Hawwin Muzakki Thesis Sistem Penilaian Pembelajaran.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Muzakki, Hawwin. 2013. Sistem Penilaian Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi Kasus di SMA Negeri 3 Malang).Tesis, Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam, Sekolah PascasarjanaUniversitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang. Pembimbing: Prof. Dr. H. Mulyadi, M.Pd.I dan H. Djoko Susanto, M.Ed, Ph.D
Kata kunci: Sistem Penilaian, Pembelajaran Pendidikan Agama Islam

Penilaian pembelajaran salah satu kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang guru PAI untuk memahami kompetensi pencapaianpeserta didik. Sebenarnya, aturan tentang penilaian sudah diatur secara kompleks oleh pemerintah Indonesia. Dengan landasan itu, seharusnya guru PAI profesional harus pandai melaksanakan penilaian secara maksimal dan mengujikan aspek-aspek penilaian PAI dari segi kognitif, afektif dan psikomotorik secara seimbang. Namun, pada kenyataannya penilaian pembelajaran PAI saat ini cenderung mengutamakan aspek kognitif, dan terdapat guru yang kurang profesional dalam mengelola penilaian. Kesenjangan tersebut yang ingin penulis teliti.
Tujuan penelitian ini untukmendiskripsikan dan menganalisis: (1) Perencanaan penilaian pembelajaran PAIdi SMA Negeri 3 Malang; (2) Pelaksanaan penilaian pembelajaran PAIdi SMA Negeri 3 Malang; (3) Pengolahan serta pelaporan hasil penilaian pembelajaran PAI diSMA Negeri 3 Malang.Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis studikasus. Lokasi penelitian di SMA Negeri 3Malang. Informan dalam penelitian ini adalah guru PAI, kepala sekolah, waka kurikulum dan sebagian siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan (1) wawancara terstruktur dan tidak terstruktur, (2) observasi non partisipasi, dan (3) studi dokumentasi. Analisisdata melalui 3 proses, yaitu: (1) reduksi data, (2) penyajian data, dan (3) penarikan kesimpulan dan verifikasi. Pengecekan keabsahan data melalui ketekunan atau keajegan pengamatan dan triangulasi sumber dan teori.
Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan Penilaian Pembelajaran PAI SMA Negeri 3 Malang dengan melakukan perencanaan umum dan perencanaan khusus. (2) Pelaksanaan ujian di SMA Negeri 3 Malang dengan melakukan pengumpulan data dan verifikasi data. Kekurangan dari pelaksanaan ujian di SMA Negeri 3 Malang, mengenai kondisi ruang ujian dan kenyamanan yang diciptakan. (3) Pengolahan, pelaporan dan pemanfaatan hasil penilaian pembelajaran PAI SMA Negeri 3 Malang. Pengolahan, pelaporan dan pemanfaatan hasil penilaian maksudnya, setelah peserta didik melakukan ujian/ulangan, guru mengolah kesemua aspek yang telah diujikan (tugas maupun ulangan) menjadi sebuah nilai yang berbentuk angka, maupun format huruf. Nantinya bisa dimanfaatkan hasilnya, baik bagi guru PAI, sekolah maupun peserta didik. Kekurangan dalam tahapan ini khususnya mengenai pemanfaatan hasil analisis butir soal, sehingga soal yang dibuat guru PAI SMA Negeri 3 Malang membuat soal tergolong ditolak/sangat jelek, dengan tingkat kesulitan mudah, tidak adanya daya beda, serta distraktor yang tidak berfungsi dengan baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? 200 ??
?? 2X0 ??
Divisions: ?? s1_pai ??
Depositing User: hawwin muzakki
Date Deposited: 20 Nov 2017 10:00
Last Modified: 20 Nov 2017 10:00

Actions (login required)

View Item View Item