Spritualisasi dan Konfigurasi Pendidikan Karakter Berparadigma Kebangsaan Dalam Kurikulum 2013

Mukhibat, Mukhibat (2014) Spritualisasi dan Konfigurasi Pendidikan Karakter Berparadigma Kebangsaan Dalam Kurikulum 2013. Al-Ulum, 14 (1). pp. 23-42. ISSN 2442-3289

[img]
Preview
Text
SPRITUALISASI DAN KONFIGURASI PENDIDIKAN KARAKTER.pdf

Download (477kB) | Preview

Abstract

Orientasi pendidikan yang menekankan IQ menjadikan manusia dilanda krisis kemanusiaan. Keadaan demikian manusia semakin membutuhkan spiritualitas sebagai solusi terhadap krisis kehidupan tersebut. Kajian ini dengan analitis kritis ingin mengungkap bagaimana kedudukan moral spiritual yang mendasari semua Kompetensi Inti (KI) Kurikulum 2013 untuk semua Mapel di semua jenjang pendidikan. Spiritualisasi sebagai upaya membangun karakter bangsa dalam Kurikulum 2013 dapat dilihat dalam KI yang saling terkait yaitu spiritual (KI 1), sosial (KI 2), pengetahuan (KI 3), dan keterampilan (KI 4). Adapun sumber nilai moral spiritual dalam pendidikan karakter adalah dari semua agama yang ada di Indonesia, yakni nilai-nilai universal yang secara eksplisit merujuk pada konsep kesatuan penciptaan.

Item Type: Journal Article
Keyword: Spiritualisasi, pendidikan, karakter, kurikulum 2013
Subjects: ?? 200 ??
?? 2X7 ??
Divisions: ?? s1_ips ??
Depositing User: Mr Kardi Kardi
Date Deposited: 02 Aug 2016 03:17
Last Modified: 25 Feb 2017 15:03

Actions (login required)

View Item View Item