Mukhibat, Mukhibat (2016) Re-Edukasi dan Re-Motivasi terhadap Pelaku Radikalisme dan Terorisme: Membangun Kesadaran Keagamaan yang Inklusif dan Humanis di Indonesia. SOSIOHUMANIKA, 7 (1). pp. 19-32. ISSN 1979-0112
|
Text
Re-Edukasi dan Re-Motivasi terhadap Pelaku .pdf Download (178kB) | Preview |
Abstract
Penanganan radikalisme dan terorisme yang terlalu bertumpu pada pendekatan legal-formal dan bersifat represif perlu ditinjau ulang, karena logika pendekatan melalui mekanisme hukum seperti itu berlawanan dengan logika yang dianut oleh para teroris. Sanksi pidana fi sik tidak membuat pelaku berhenti, tetapi para teroris bertindak jauh melampaui rasa takut terhadap ancaman hukuman tersebut. Re-edukasi dan
re-motivasi perlu dipertimbangkan sebagai bentuk de-radikalisasi dalam rangka menetralisir faham-faham
radikal melalui pendekatan interdisipliner, seperti pendidikan, hukum, psikologi, agama, dan sosial-budaya.
Kontekstualisasi ajaran agama menjadi cara efektif bagi re-edukasi dan re-motivasi dalam menanggulangi
radikalisme di Indonesia. Proses ini mensyaratkan keberanian untuk mengniterpretasikan Islam dengan
budaya lokal, yang tidak harus berkaitan dengan zaman Nabi. Dalam konteks Indonesia, proses ini juga
seharusnya dilakukan melalui integrasi nilai-nilai pluralitas terhadap kurikulum pesantren yang memiliki
hubungan dengan radikalisme. Politik kesalehan eksklusif harus di de-produksi menjadi politik kesalehan
berbasis sosial yang responsif terhadap masalah kemanusiaan. Re-edukasi dan re-motivasi akan menciptakan
generasi baru Muslim di Indonesia yang inklusif dan humanis, serta mampu melakukan reka-cipta kearifan
lokal baru yang sejalan dengan nilai-nilai ajaran Islam.
Item Type: | Journal Article |
---|---|
Keyword: | Re-education, re-motivation, actors of radicalism, Islamic boarding schools, preaching, Indonesian Muslims, inclusive, and humane |
Subjects: | ?? 200 ?? ?? 2X7 ?? |
Divisions: | ?? s1_ips ?? |
Depositing User: | Mr Kardi Kardi |
Date Deposited: | 02 Aug 2016 03:27 |
Last Modified: | 02 Aug 2016 03:27 |
Actions (login required)
View Item |