Antropologi Tafsir Indonesia (Analisis Kisah Ibrahim, Musa, dan Maryam dalam Tafsir Karya Mahmud Yunus, Hamka, dan M. Quraish Shihab)

Mujahidin, Anwar (2016) Antropologi Tafsir Indonesia (Analisis Kisah Ibrahim, Musa, dan Maryam dalam Tafsir Karya Mahmud Yunus, Hamka, dan M. Quraish Shihab). STAIN PO Press, Ponorogo. ISBN 978-602-6642-02-8

[img]
Preview
Text
ANTROPOLOGI TAFSIR INDONESIA_AnwarM.pdf

Download (77MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengungkap hubungan antara latar belakang budaya penafsir dengan dunia al-Qur`an yang tercermin dalam penafsiran kisah Ibrahim, Musa dan Maryam. Tafsir al-Qur`an yang akan diteliti adalah tiga tafsir Indonesia yang mewakili generasi pertama, kedua, dan generasi kontemporer, yaitu tafsir Qurān Karim karya Mahmud Yunus, Tafsir al-Azhar karya Hamka, dan tafsir al-Mishbāh karya M.Quraish Shihab. Metode yang digunakan untuk menganalisis data dalam penelitian ini menggunakan metode analisis teks dengan pendekatan explanatory analysis yaitu mendeskripsikan struktur kisah dalam kitab-kitab tafsir yang diteliti dan menganalisis hubungan struktur kisah dengan latar belakang budaya penafsir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga kitab tafsir yang dianalisis memiliki perbedaan pola hubungan kebudayaan. Tafsir al-Azhar dan tafsir Qurān Kari lebih sering menyebut kisah, sistem keagamaan, dan pengalaman-pengalaman yang menunjuk latar ke-Indonesiaan, sedangkan tafsir al-Misbāh adalah yang paling sedikit menyebut latar budaya ke-Indonesiaan. Selain itu Tafsir al-Mishbāh juga lebih banyak hanya menguraikan tema umum kelompok ayat berdasarkan munāsabah dan menarik kontektualitasnya pada Masa Nabi, sehingga kisah Ibrahim, Musa, dan Maryam kurang kontekstual pada masa kini.

Item Type: Book
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Ilmu Al Qur’an dan Tafsir
Depositing User: Mr Anwar
Date Deposited: 08 Jan 2019 01:01
Last Modified: 02 Aug 2019 00:43

Actions (login required)

View Item View Item