Susilo, Andi (2014) Employing effective teachers' language to create communicative interaction in EFL context. Cendekia: Jurnal Kependidikan Dan Kemasyarakatan, 12 (2). pp. 315-332. ISSN 2477-796X
|
Text
Cendekia 2014_Effective teacher language.pdf Download (612kB) | Preview |
Abstract
Di samping penerapan metode/teknik pembelajaran, aplikasi bahasa yang digunakan pendidik atau dikenal dengan istilah teacher talk (TT) merupakan faktor utama penunjang kualitas proses dan hasil pembelajaran. TT tidak hanya sebagai sumber utama belajar bahasa, tetapi juga sebagai alat untuk mengajarkan target bahasa. TT berperan vital sebagai piranti pendidik dalam melaksanakan proses pembelajaran, mengelola, dan mengevaluasi proses serta hasil belajar peserta didik. Pendidik diharapkan mampu mengeksplorasi bahasa yang digunakan secara tepat sesuai dengan tujuan pembelajaran, tingkat penguasaan bahasa dan kebutuhan belajar peserta didik. Untuk menciptakan interaksi komunikatif, pendidik diharapkan mampu menerapkan ragam strategi bertanya yang efektif khususnya jenis pertanyaan referential untuk menggali ide peserta didik, merespon dan memberikan umpan balik fokus pada ide yang disampaikan, menggunakan modifikasi bahasa yang komunikatif ketika berbicara, menjelaskan materi, bertanya, atau dalam memberikan instruksi agar input yang diberikan mudah dipahami dan melakukan negosiasi makna dengan peserta didik. Dapat dikatakan bahwa ada atau tidak adanya aspek-aspek tersebut dalam proses pembelajaran akan mempengaruhi tingkat kualitas interaksi komunikatif di kelas.
Item Type: | Journal Article |
---|---|
Keyword: | Teacher talk, communicative interaction, speaking, EFL context |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130204 English and Literacy Curriculum and Pedagogy (excl. LOTE, ESL and TESOL) 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130207 LOTE, ESL and TESOL Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Bahasa Inggris |
Depositing User: | Mr Andi Susilo |
Date Deposited: | 28 Jul 2019 14:33 |
Last Modified: | 28 Jul 2019 14:33 |
Actions (login required)
View Item |