Konstruksi Mutu Pendidikan Melalui Literasi Keuangan Pada Pendidikan Anak Usia Dini di Magetan

Mukhibat, Mukhibat (2020) Konstruksi Mutu Pendidikan Melalui Literasi Keuangan Pada Pendidikan Anak Usia Dini di Magetan. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4 (20). pp. 620-629. ISSN ISSN: 2549-8959 (Online) 2356-1327 (Print)

[img]
Preview
Text
kontruksi mutu pendidikan.pdf

Download (596kB) | Preview
Full text available at: https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view...

Abstract

Abstrak
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis peningkatan mutu pendidikan di Kelompok Kerja (POKJA) RA Poncol Magetan melalui program sedekah sampah. Penelitian
ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan pesrpektif ethnoscience, dengan berusaha memahami perspektif lokal tentang pengelolaan sampah dengan menerapkan interview
etnografi untuk memperoleh sejumlah taksonomi pengetahuan lokal. Sedekah sampah telah menjadi salah satu solusi persoalan sumber pembiayaan dan lemahnya literasi keuangan, sehingga RA yang tergabung dalam POKJA RA Poncol Magetan memiliki kesiapan yang optimal dalam pelaksanaan program-program pendidikannya pada aspek perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran. Selain itu POKJA RA Poncol Magetan memiliki keberdayaan yang baik melalui keterampilan dalam menyusun arus kas yang benar dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajarnnya melalui sedekah sampah,
dimana sedekah sampah merupakan alternatif pemecahan masalah sampah yang memadukan unsur edukasi dan pemberdayaan yang berkelanjutan.

Kata Kunci: kontruksi mutu; litarasi keuangan; RA; sedekah sampah.

Abstract
This study aims to describe and analyze the improvement of the education quality of RA Poncol Magetan Teamwork through the alms trash program. This study employed a
qualitative approach with ethnoscience perspective. It tried to understand the local perspective about trash management. It was based on the ethnographic interview to obtain the taxonomy of local knowledge. Alms trash had been one of the solutions to funding and weak financial literacy problems. Thus, RA which is incorporated in RA Poncol Magetan Teamwork has the optimal readiness in the implementation of the educational program in the aspects of planning, implementing, and evaluating the learning process. Besides, it has good empowerment through the skills in preparing the correct cash flow in planning,
implementing, and evaluating learning through alms trash, where it is an alternative solution to waste problems that combine elements of education and sustainable empowerment.

Keywords: quality construction; financial literacy; RA, alms trash.

Item Type: Journal Article
Keyword: kontruksi mutu; litarasi keuangan; RA; sedekah sampah.
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Alwan Wibawanto
Date Deposited: 15 Jun 2020 04:45
Last Modified: 30 Mar 2021 12:15

Actions (login required)

View Item View Item