Pengembangan Budaya Religius Sekolah Islam Terpadu (Studi Kasus Di Sdit Qurrota A’yun Ponorogo)

Kolis, Nur and Komari, Komari (2018) Pengembangan Budaya Religius Sekolah Islam Terpadu (Studi Kasus Di Sdit Qurrota A’yun Ponorogo). Journal Ar’rihlah: Inovasi Pengembangan Pendidikan Islam, 3 (1). pp. 31-54. ISSN ISSN (P): 2541-402X ISSN (E): 2851-0197

[img]
Preview
Text
document (2).pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Perkembangan.pdf

Download (531kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Perkembangan2.pdf

Download (634kB) | Preview
Full text available at: http://www.ejournal.iainu-kebumen.ac.id/index.php/...

Abstract

Pendidikan merupakan hal yang sangat penting dan tidak bisa lepas dari
kehidupan. Dengan pendidikan bisa menunjukkan kebudayaan dan
meningkatkan derajat bangsa di mata internasional. Pendidikan akan sangat
terus gersang apabila tidak berhasil mencetak sumber daya manusia yang
berkualitas baik segi spiritual, intelejensi, dan skill. SDIT Qurrota A’yun dalam
melaksanakan pendidikannya sangat memperhatikan pengembangan nilai-nilai
Islam menjadi budaya di sekolah. Hal ini dilakukannya melalui 5 langkah: 1)
Mengembangkan visi misi, 2) Analisis strategis dengan SWOT, 3) Formulasi
Strategis dengan strategi penyehatan, strategi agresif, strategi diversifikasi
konsentrik, strategi bertahan, strategi tuntutan pasar, strategi fungsional, strategi
SDM, 4) Implementasi strategi dengan program, anggaran, SOP, staffing,
directing, dan 5) Evaluasi dan tindak lanjut dengan membuat KPI, menentukan
standar hasil kinerja, mengambil tindakan perbaikan. Adapun implementasi
manajemen strategis dalam pengembangan budaya religius berdampak positif
terhadap: 1) penerapan praktik-praktik ibadah siswa dan guru terlihat dari
kerajinan berdo’a, berdzikir, menyebarkan salam, sholat berjama’ah, menghafal
dan membaca al-Qur’an, 2) terwujudnya sikap dan perilaku religius seperti
sopan, selalu tersenyum, hormat, rendah hati, bersih dan rapi, menghargai orang
lain, peduli sesama, bertanggung jawab, 3) ada peningkatan kinerja yang baik
pada guru dan siswa dilihat dari kedisiplinan yang baik, prestasi yang semakin
meningkat.

Item Type: Journal Article
Keyword: Pengembangan Budaya, Religius, Sekolah Islam Terpadu
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Fransisca Puspitasari
Date Deposited: 23 Jul 2020 06:21
Last Modified: 23 Jul 2020 06:21

Actions (login required)

View Item View Item