Investigasi Empiris Atas Prestasi Belajar Siswi Madrasah Aliyah Model Single Sex Education Dan Co-Education Di Kabupaten Ponorogo

Muafiah, Evi (2013) Investigasi Empiris Atas Prestasi Belajar Siswi Madrasah Aliyah Model Single Sex Education Dan Co-Education Di Kabupaten Ponorogo. Kodifikasia Jurnal Penelitian Islam, 7 (1). pp. 121-136. ISSN 1907-6371 e-ISSN 2527-9254

[img]
Preview
Text
777-1615-1-SM.pdf

Download (171kB) | Preview
Full text available at: https://jurnal.iainponorogo.ac.id/index.php/kodifi...

Abstract

Proses pendidikan Islam di Indonesia secara umum menganut Single-Sex Education (SSE) maupun dicampur atau Co- ducation (CE). Berdirinya pembelajaran model SSE tersebut didasarkan pada mengakarnya pemahaman terhadap karya-karya fiqih Abad Pertengahan yang banyak mengharamkan pertemuan antara laki-laki dan perempuan di satu tempat, bahkan mengharamkan munculnya perempuan di ranah publik. Jika
arus berada di wilayah publik, maka harus dalam komunitas perempuan saja dan jika laki-laki dan perempuan harus berada pada satu tempat, maka posisi harus dipisahkan dengan tirai pembatas atau biasanya laki-laki di depan dan perempuan di belakang. Terkait dengan pemisahan tersebut, tentunya, implikasinya sangat luas. Penelitian ini mengambil sekolah agama dalam bentuk SSE, maupun CE yang masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangan. Lembaga
pengelola pendidikan, yayasan, pihak swasta maupun
pesantren dituntut untuk membuat terobosan yang dalam pembelajarannya, tanpa harus memposisikan dirinya sebagai model SSE murni maupun CE murni yang rigid. Lokasi penelitian ini MAN 2 Ponorogo, MA Al-Mawaddah Coper
Ponorogo dan MA Darul Huda Mayak Ponorogo. Dari hasil penelitian terungkap bahwa terdapat perbedaan dan kekhasan di masing-masing lembaga tersebut. Dalam hal inilah posisi peserta didik perempuan menjadi satu pijakan
penting dalam proses pembelajaran tersebut, mengingat perempuan dengan ketekunannya mempunyai potensi besar
dalam berkiprah di wilayah publik, untuk kemudian bersama-sama dengan laki-laki bersinergi dan bekerja sama, berbagi secara adil dalam lapangan-lapangan yang sebelumnya tidak banyak digarap perempuan.

Item Type: Journal Article
Keyword: SSE, CE, perempuan, bias gender sistemik.
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Fransisca Puspitasari
Date Deposited: 06 Aug 2020 05:21
Last Modified: 06 Aug 2020 05:21

Actions (login required)

View Item View Item