Analisis Pola Perilaku Individual Stage Mahasiswi STAIN Ponorogo

Rochmah, Elfi Yuliani and Mukhlas, Moh. (2014) Analisis Pola Perilaku Individual Stage Mahasiswi STAIN Ponorogo. At-Ta' dib Journal of Pesantren Education, 9 (2). pp. 161-183. ISSN p-ISSN: 0216-9142 and e-ISSN: 2503-3514

[img] Text
Analisis Pola Perilaku Individual Stage.pdf

Download (356kB)
Full text available at: https://ejournal.unida.gontor.ac.id/index.php/tadi...

Abstract

Penelitian sederhana ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan tiga hal pokok, (1) pola perilaku mahasiswi STAIN Ponorogo,(2) konsep ke-Tuhanan yang berkaitan dengan aurat dan mahram, dan (3)
faktor yang mempengaruhi pola perilaku mahasiswi tersebut.
Untuk menjawab permasalah di atas, peneliti menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomonologis. Data dikumpulkan dengan wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya mengacu pada konsep analisis data kualitatif yang
diadopsi dari Miles & Hubberman yang meliputi tiga kegiatan reduksi data (data reduction), pemaparan data (data display, dan simpulan/verifikasi (conclusion/verification).
Dari hasil analisis data ditemukan bahwa pertama, pola perilaku mahasiswi adalah pola perilaku yang berproses, dibentuk, dan dipelajari melalui interaksi sosial dan nonsosial di lingkungan rumah, sekolah/pesantren/kampus, maupun masyarakat atas dasar alternatif pilihan yang
memberi manfaat bagi diri dan lingkungannya yang dilengkapi perilaku atribusi dengan atau tanpa disertai perilaku insentif sesuai peran yang mereka jalankan sebagai mahasiswi PTAIN. Kedua, konsep keagamaan terkait
mahram dan aurat pada tingkat individual stage ada yang bersifat konvensional cenderung modern, yakni perilaku yang didasarkan pada konsep kehidupan modern yang membuat individu lebih nyaman. Pada mereka, dimensi keagamaan ideologis ada yang cukup tinggi dan ada yang sedang, begitu juga dengan dimensi intelektual. Dimensi ritualistik mayoritas tinggi, dimensi konsekuensial rata-rata tergantung kebutuhan, begitu pula dengan dimensi eksperensial. Ketiga, pembentuk perilaku mahasiswi terkait mahram dan ’aurat adalah keteladanan keluarga, keteladanan guru, interaksi sosial, support sahabat dekat, peraturan/kebijakan/budaya sekolah/pesantren
tempat mereka menimba ilmu sebelumnya, juga kebijakan kampus, dan ada juga yang disertai dengan pemahaman/pengertian dalam menjalaninya.

Item Type: Journal Article
Keyword: Individual Stage, Pola Perilaku, Aurat, Mahram
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Alwan Wibawanto
Date Deposited: 09 Feb 2021 08:39
Last Modified: 17 Feb 2021 07:23

Actions (login required)

View Item View Item