Islamic Religious Education For Children In Javanese Family: A Study Of Ethno Phenomenology

Rochmah, Elfi Yuliani and Chaer, Moh. Toriqul and Suud, Fitriah M. (2021) Islamic Religious Education For Children In Javanese Family: A Study Of Ethno Phenomenology. Cendekia: Jurnal Kependidikan Dan Kemasyarakatan, 19 (2). pp. 329-344. ISSN 1693-1505, 2477-796X (e-ISSN)

[img]
Preview
Text
document (18).pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Peer Review_Islamic Religious.pdf

Download (237kB) | Preview
Full text available at: https://jurnal.iainponorogo.ac.id/index.php/cendek...

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pendidikan agama Islam anak pada
keluarga Jawa di Dusun Krajan, Dawung, Jogorogo, Ngawi. Penelitian ini secara spesifik
menitikberatkan pada model kerja etnografer dengan menggunakan pendekatan fenomenologis. Teknik pengumpulan data digunakan adalah in-depth interview,
participant observation, studi pustaka, dokumentasi dan mendengar aktif. Hasil
penelitian ini menunjukkan adanya prinsip yang diterapkan keluarga Jawa adalah
“narima ing pandhum” yang bertujuan menghindari pikiran, perasaan, dan perbuatan
yang tidak baik. Materi pendidikan anak diantaranya: Aqidah, Ibadah, dan Akhlak.
Metode pendidikan pada keluarga Jawa di Dusun Krajan dengan pola pembiasaan,
nasihat, dan contoh keteladanan. Penelitian ini juga mendapati kenyataan bahwa
masyarakat Jawa membentuk identitasnya sejak dini. Upaya menumbuhkan kesadaran
mekanis saling membantu, belas kasih, murah hati, empati dan kesederhanaan
diwariskan secara turun-temurun kepada anak melalui pembiasaan dan keteladanan.

Item Type: Journal Article
Keyword: children’s education; Javanese society; identity; ethnography
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Fransisca Puspitasari
Date Deposited: 21 Dec 2021 06:56
Last Modified: 08 Jun 2022 08:15

Actions (login required)

View Item View Item