Perubahan Kurikulum di Madrasah Aliyah Negeri 2 Ponorogo Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Lembaga Pendidikan Islam

Ahmadi, Ahmadi and Chairiyah, Yayah and Al Baqi, Safiruddin (2021) Perubahan Kurikulum di Madrasah Aliyah Negeri 2 Ponorogo Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Lembaga Pendidikan Islam. Muslim Heritage: Jurnal Dialog Islam dengan Realitas, 6 (2). pp. 219-237. ISSN 2502-5341 (online), 2502-535X (print)

[img]
Preview
Text
3373-11392-1-PB (1).pdf

Download (402kB) | Preview

Abstract

Mutu pendidikan menjadi kebutuhan dasar yang amat penting dalam kehidupan manusia. Penelitian ini bertujuan untuk mengkonstruk bagaimana dinamika kurikulum berlangsung. Pendekatan penelitian menggunakan deskriptif kualitatif. Data diperoleh melalui teknik pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisa dengan siklus; reduksi, display dan simpulan. Hasil riset menunjukan; kurikulum Pendidikan Guru Agama berbeda dengan Madrasah Aliyah, implementasi kurikulum madrasah meningkatkan pengetahuan dan komponen kurikulum yang mendukung terhadap visi. Proses tahapan tersebut; menyiapkan guru dan staff perkantoran yang sesuai dengan kualifikasi pendidikan, guru mengajar sesuai dengan bidangnya, mengikutsertakan mereka dalam kebijakan program pelatihan dan pengembangan kurikulum. Implementasi menghadapi beberapa kendala; kurang pengalaman dalam pengembangan dan pengusaan teori, pelaksana kurikulum seharusnya dapat berkonstribusi lebih dalam pengembangannya.

Item Type: Journal Article
Keyword: Kurikulum, madrasah, pendidikan islam, sistem pendidikan
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 03 Jan 2022 00:22
Last Modified: 03 Jan 2022 00:22

Actions (login required)

View Item View Item