AUTHENTIC MATERIALS IN EFL CLASSROOMS

Kirana, Dhinuk Puspita (2014) AUTHENTIC MATERIALS IN EFL CLASSROOMS. Cendekia : Jurnal Kependidikan dan kemasyarakatan, 12 (2). pp. 353-364. ISSN 1693-1505(p) dan 2477-796x (e)

[img]
Preview
Text
document (18).pdf

Download (589kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Link URL Peer Review (2 Reviewer) fix.pdf

Download (1MB) | Preview
Full text available at: https://jurnal.iainponorogo.ac.id/index.php/cendek...

Abstract

Banyak guru bahasa yang akhir-akhir ini membahas tentang pentingnya
penggunaan materi otentik dalam kelas Bahasa Inggris sebagai Bahasa Asing (English
as a Foreign Language-EFL). Pendapat persuasif para ahli Pengajaran Bahasa Inggris
sebagai Bahasa Asing juga bersikeras bahwa bahasa Inggris yang ditampilkan di dalam
kelas EFL seharusnya materi otentik agar siswa benar-benar masuk dalam penggunaan
bahasa Inggris di kehidupan nyata. Secara umum, sebagian besar guru-guru EFL
setuju bahwa materi otentik bermanfaat dalam proses belajar mengajar, terutama
bagi siswa. Yang sangat penting tentang penggunaan materi otentik dalam kelas EFL
adalah tentang kapan materi tersebut diperkenalkan kepada siswa dan bagaimana
menggunakannya. Artikel ini menyajikan definisi dari materi otentik, kemudian diikuti
dengan eksplorasi keunggulan dan kelemahan dalam pelaksanaannya di kelas EFL.
Kemudian beberapa pertimbangan tentang penggunaan materi otentik di kelas EFL
juga dibahas. Yang terakhir adalah beberapa contoh tugas dan kegiatan kelas yang
menggunakan materi otentik ditampilkan sebagai contoh penerapannya secara praktis
di kelas EFL.

Item Type: Journal Article
Keyword: Otentik, materi otentik, kelas EFL
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Bahasa Inggris
Depositing User: Fransisca Puspitasari
Date Deposited: 24 Feb 2022 06:39
Last Modified: 24 Feb 2022 06:41

Actions (login required)

View Item View Item