Upaya meningkatkan kreatifitas dan produktivitas bagi remaja putri melalui pelatihan pembuatan hiasan dinding dengan seni macrame di rt.02 desa Puhpelem kec. Puhpelem kab. Wonogiri

Windiani, Erika Cahya and Effendi, Mukhlison (2022) Upaya meningkatkan kreatifitas dan produktivitas bagi remaja putri melalui pelatihan pembuatan hiasan dinding dengan seni macrame di rt.02 desa Puhpelem kec. Puhpelem kab. Wonogiri. Prodimas, 1 (1). pp. 294-313.

[img]
Preview
Text
prosiding pengabdian masyarakat.pdf

Download (346kB) | Preview
Full text available at: https://prosiding.iainponorogo.ac.id/index.php/pro...

Abstract

Pelatihan dilaksanakan sebagai upaya mendorong individu lebih berkompeten. Salah satu bentuk
pelatihan yang dapat dilaksanakan dengan mengolah suatu barang bernilai rendah menjadi barang
dengan nilai keindahan dan nilai jual tinggi. Meningkatkan skill, kreativitas, serta produktivitas bagi
remaja sangat dibutuhkan sehingga dengan diadakannya pelatihan membuat hiasan dinding dengan
seni makrame diharapkan remaja putri di Rt.02 Desa Puhpelem Kec. Puhpelem Kab. Wonogiri dapat
memperoleh tujuan dari pelatihan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) aktivitas pelatih
(instruktur) dan aktivitas peserta; (2) hasil pelatihan; (3) respon peserta pelatihan pembuatan hiasan
dinding dengan seni makrame di Rt.02 Desa Puhpelem Kec. Puhpelem Kab. Wonogiri, Jawa tengah.
Berangkat dari seni makrame yang berhasil diangkat oleh pelatih sebagai usaha, dalam pelatihan seni
makrame akan disalurkan sebagai pengetahuan. Antusiasme dari para peserta dan masyarakat sekitar
membuat pelatihan berjalan lancar. Hasil evaluasi menunjukkan kemampuan dan respon peserta
meningkat serta kepuasan akan pelaksanaan pelatihan sangat baik.

Item Type: Journal Article
Keyword: Pelatihan, makrame, hasil pelatihan pembuatan hiasan dinding makrame
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
Depositing User: Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 19 Apr 2022 02:09
Last Modified: 19 Apr 2022 02:13

Actions (login required)

View Item View Item