CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSP) BANK SYARIAH DI INDONESIA

Prasetiyo, Luhur (2014) CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSP) BANK SYARIAH DI INDONESIA. Kodifikasia Jurnal Penelitian Islam, 8 (1). pp. 143-163. ISSN 1907-6371 e-ISSN 2527-9254

[img]
Preview
Text
Artikel 6 2014 Kodifikasia.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
A6.pdf

Download (145kB) | Preview
Full text available at: https://jurnal.iainponorogo.ac.id/index.php/kodifi...

Abstract

Bank syariah memiliki karakteristik unik yang berbeda dengan bank konvensional. Salah satu karakteristik unik tersebut adalah bank syariah memiliki fungsi sosial yang bisa dijalankan dan bahkan fungsi ini dipayungi oleh undang-undang. Oleh karena itu, kinerja sosial bank syariah perlu
dievaluasi dan dinilai, untuk melihat apakah bank syariah benar-benar menjalankan fungsi sosialnya atau tidak. Selama ini, kinerja bank syariah lebih banyak dinilai dari sisi kinerja keuangannya. Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini meneliti Kinerja Sosial Bank Umum Syariah
di Indonesia. Rumusan masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah 1. Bagaimana Kontribusi Pembangunan Ekonomi (KPE) bank syariah di Indonesia?; 2. Bagaimana Kontribusi Kepada Masyarakat (KKM) bank syariah di Indonesia?; dan 3. Bagaimana Kontribusi Untuk Stakeholder bank syariah di Indonesia? Dengan jenis kuantitatif deskriptif yang diteliti adalah semua bank umum syariah yang beroperasi pada tahun 2012-2013 yang berjumlah 11 BUS, hasil analisis menunjukkan Kontribusi Pembangunan Ekonomi (KPE) Bank Syariah di Indonesia mendapatkan nilai 69,09 (baik); Kontribusi Kepada Masyarakat (KKM), kinerja KKM bank syariah di Indonesia ternyata hanya mendapatkan nilai 41,36 (Tidak Baik) karena
<50; dan Kontribusi Untuk Stakeholder (KUS) bank syariah rata-rata mendapatkan nilai 64 dengan predikat Kurang Baik (51-<66). Sementara hasil akumulatif penilaian kinerja sosial seluruh bank syariah di Indonesia adalah skor 57,60. Skor ini artinya secara akumulatif bank syariah kinerja
sosialnya masih berpredikat Kurang Baik. Kinerja paling rendah pada aspek Kontribusi Kepada Masyarakat (KKM) yang hanya mendapatkan nilai
41,36 (Tidak Baik), disusul Kontribusi Untuk Stakeholder (KUS) yang
mendapatkan nilai 64,00 (Kurang Baik), dan kinerja sosial bank syariah
yang terbaik pada aspek Kontribusi Pembangunan Ekonomi (KPE) yang
mendapatkan nilai 69,09 (Baik).

Item Type: Journal Article
Keyword: Bank Syariah, Kontribusi Pembangunan Ekonomi, Kontribusi Kepada Masyarakat, Kontribusi Untuk Stakeholder
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Depositing User: Fransisca Puspitasari
Date Deposited: 16 Jun 2022 06:17
Last Modified: 17 Jun 2022 07:00

Actions (login required)

View Item View Item