KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU DALAM PENINGKATAN POTENSI PASAR RAKYAT DI KOTA MADIUN

Nur Efendi, Mohamad and Prasetiyo, Luhur (2022) KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU DALAM PENINGKATAN POTENSI PASAR RAKYAT DI KOTA MADIUN. Muslim Heritage: Jurnal Dialog Islam dengan Realitas, 7 (1). pp. 53-81. ISSN 2502-5341 (online), 2502-535X (print)

[img] Text
Artikel 5 Muslim Heritage (belum di Repository beserta per review).pdf

Download (611kB)
[img] Text
A5 peer review (komunikasi pemasaran terpadu).pdf

Download (145kB)
Full text available at: https://jurnal.iainponorogo.ac.id/index.php/muslim...

Abstract

Pasar Rakyat Srijaya Kota Madiun merupakan pasar tradisional yang saat ini
masih beroperasi di tengah perkembangan gempuran era modernitas dan digital.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apa saja potensi yang dimiliki oleh
Pasar Srijaya, bagaimana strategi pemasaran terpadu yang telah dilakukan
oleh pengelola pasar dalam meningkatkan potensi serta dampak dari strategi
tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan
pendekatan metodologi kualitatif deskriptif. Hasil temuan dari penelitian ini
mengungkap bahwa dalam analisis lingkungan mikro dan makro pemasaran,
Pasar Srijaya memiliki ekonomi yang potensial pada Hari Minggu. Hal tersebut
dibuktikan dengan ramainya pedagang dan pengunjung khusus pada hari
Minggu yang diperkuat dengan potensi lainnya seperti letak geografis yang
strategis, akses jalan yang mudah serta banyaknya pedagang yang bervariasi.
Strategi komunikasi pemasaran terpadu dilakukan melalui metode periklanan
dengan memasang poster dan billboard, promosi penjualan melalui program
kupon berhadiah serta hubungan masyarakat melalui event Operasi Pasar dan
Gerakan Kembali ke Pasar Rakyat. Strategi tersebut memberikan dampak
terhadap ekonomi pedagang, ekonomi masyarakat dan pendapatan pemerintah
daerah. Dampak secara langsung terjadi pada peningkatan penjualan sehingga
banyak pedagang yang ingin berjualan, serta meningkatnya brand awareness
terhadap keberadaan Pasar Srijaya. Ramainya Pasar Srijaya dengan banyaknya
pengunjung pada hari Minggu, berpotensi menjadi destinasi pasar wisata di
Kota Madiun

Item Type: Journal Article
Keyword: Komunikasi Pemasaran Terpadu; Peningkatan Potensi;Pasar Rakya
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Depositing User: Fransisca Puspitasari
Date Deposited: 29 Jun 2022 04:14
Last Modified: 29 Jun 2022 04:14

Actions (login required)

View Item View Item