Basuki, Basuki (2022) Identifikasi Materi Pembelajaran Akhlak pada Kurikulum 2013 dan Kurikulum Prototipe 2022. EDUKATIF: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4 (3). pp. 3896-3915. ISSN ISSN 2656-8063 (Media Cetak) ISSN 2656-8071 (Media Online)
|
Text
2784-9973-1-PB.pdf Download (572kB) | Preview |
|
|
Text
Penilaian __Identifikasi Materi Pembelajaran Akhlak pada Kurikulum 2013 dan Kurikulum 22 .pdf Download (109kB) | Preview |
|
|
Text
01__turnitin _Identifikasi Materi Pembelajaran Akhlak pada Kurikulum 2013 dan Prototipe2022.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis materi pokok pembelajaran akhlak
kurikulum 2013 dan kurikulum prototipe 2022 mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti pada
sekolah. Penelitian ini adalah library research dengan sumber data utama “kebijakan kurikulum 2013” dan
“kebijakan kurikulum prototipe 2022”. Dengan menggunakan analisis isi, telah ditemukan bahwa materi
pokok pembelajaran akhlak pada kurikulum 2013 dirumuskan berdasarkan KD (Kompetensi Dasar) yang
didistribusikan ke dalam 12 (duabelas) kelas. Sedangkan materi pembelajaran akhlak pada kurikulum
prototipe 2022 dirumuskan berdasarkan CP (Capaian Pembelajaran) yang didistribusikan ke dalam 6 (enam)
fase. Berdasarkan perbedaan tersebut, kurikulum prototipe 2022 lebih menekankan pada materi esensial sesuai
dengan capaian pembelajaran pada setiap fase. Dengan demikian, kurikulum prototipe 2022 diharapkan bisa
memulihkan problematika beban capaian materi pokok kurikulum 2013 ketika pandemi COVID-19
Item Type: | Journal Article |
---|---|
Keyword: | Kurikulum 2013, kurikulum prototipe 2022, materi pembelajaran akhlak pada sekolah,Kompetensi Dasar, Capaian Pembelajaran |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Depositing User: | Fransisca Puspitasari |
Date Deposited: | 07 Sep 2022 03:03 |
Last Modified: | 20 Sep 2022 07:08 |
Actions (login required)
View Item |