Pengaruh Strategi Pemasaran MLM Syariah dan Labelisasi Halal Terhadap Minat Bisnis (Studi Agen Herba Penawar Al-Wahida) di Kabupaten Ponorogo

Mufidati, Zulfa (2022) Pengaruh Strategi Pemasaran MLM Syariah dan Labelisasi Halal Terhadap Minat Bisnis (Studi Agen Herba Penawar Al-Wahida) di Kabupaten Ponorogo. Undergraduate thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210216055_ZULFA MUFIDATI_HUKUM EKONOMI SYARIAH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Mufidati, Zulfa, 2021. Pengaruh Strategi Pemasaran MLM Syariah Dan Labelisasi Halal Terhadap Minat Bisnis (Studi Agen Produk Herba Penawar Al-Wahida Indonesia Di Kabupaten Ponorogo). Skripsi. Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbig Dr. H. Moh. Munir, Lc.M.Ag.
Kata kunci : MLM Syariah, Labelisasi Halal, Minat Bisnis Agen HPAI
Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat jumlah pengangguran periode Agustus 2020 mengalami peningkatan sebanyak 2,67 juta orang. Sehingga, jumlah angkatan kerja di Indonesia yang menganggur menjadi sebesar 9,77 juta orang. Oleh karena itu, mendirikan sebuah badan usaha atau menjalankan suatu bisnis merupakan bidang ekonomi yang mampu memberikan kontribusi yang positif dalam mengurangi angka pengangguran pada saat ini. Salah satu sistem pemasaran yang berkembang adalah Multi Level Marketing Syariah atau disingkat MLM Syariah. MLM syariah adalah sebuah usaha MLM yang mendasarkan sistem operasionalnya pada prinsip-prinsip syariah, untuk produk halal dan bermanfaat serta tidak ada yang melanggar syariat. PT. Herba Penawar Alwahida Indonesia atau biasa dikenal dengan HPAI adalah salah satu perusahaan MLM Syariah di Indonesia yang fokus pada penyediaan produk-produk barang konsumsi (consumer goods) yang halal dan berkualitas. Bisnis MLM ini hadir ditengah-tengah masyarakat sehingga dalam beberapa kasus, banyak perusahaan yang mengatas namakan bisnis MLM akan tetapi bisnis yang dijalankan berkedok money game yang mana mendewakan sebuah passive incom. Dan begitu juga banyak kasus maraknya label halal yang tidak terdaftar di MUI, dan pesaing produk sejenis yang juga telah mendapatkan label halal resmi dari MUI, maka sejauh manakah strategi pemasaran MLM Syariah dan labelisasi pada produk HPAI mampu mempengaruhi minat bisnis masyarakat.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimana pengaruh strategi pemasaran MLM syariah terhadap minat bisnis agen HPAI di Kabupaten Ponorogo? (2) Bagaimana pengaruh labelisasi halal terhadap minat bisnis agen HPAI di Kabupaten Ponorogo? (3) Bagaimana pengaruh strategi pemasaran MLM syariah dan labelisasi halal terhadap minat bisnis agen HPAI di Kabupaten Ponorogo?
Adapun jenis penelitian yang dilakukan penulis adalah penelitian korelasional dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah kuesioner dan wawancara. Analisis yang digunakan menggunakan metode statistik deskriptif digunakan untuk mengkaji dan mengukur nilai atau rata-rata dari hasil uji pengaruh strategi pemasaran MLM syariah dan labelisasi halal terhadap minat bisnis masyarakat pada produk HPAI.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Strategi pemasaran MLM syariah berpengaruh terhadap keputusan menjalankan bisnis HPAI di Kabupaten Ponorogo 13,2% dan 86,8% minat bisnis dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Labelisasi halal berpengaruh terhadap keputusan menjalankan bisnis HPAI di Kabupaten Ponorogo sebesar 16,5% dan 83,5% minat bisnis dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Strategi pemasaran MLM syariah dan lebelisasi halal secara bersama berpengaruh terhadap minat bisnis agen HPAI di Kabupaten Ponorogo sebesar 47,2% dan 52,8% keputusan menjalankan bisnis dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Muamalah
Depositing User: Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 29 Dec 2022 02:06
Last Modified: 29 Dec 2022 02:06

Actions (login required)

View Item View Item