Metacognitive strategies in building autonomous learning on teaching listening to the second semester “TI. C class” of STAIN Ponorogo in academic year 2014/2015

Susilowati, Tintin (2016) Metacognitive strategies in building autonomous learning on teaching listening to the second semester “TI. C class” of STAIN Ponorogo in academic year 2014/2015. Cendekia: Jurnal Kependidikan dan Kemasyarakatan, 13 (2). pp. 227-252. ISSN p-ISSN: 1693-1505 and e-ISSN: 2477-796X

[img]
Preview
Text
Metacognitive strategies in building autonomous learning on teaching listening of STAIN Ponorogo in academic year 2014 2015.pdf

Download (1MB) | Preview
Full text available at: https://jurnal.iainponorogo.ac.id/index.php/cendek...

Abstract

Tulisan ini memaparkan penomena dalam pengajaran listening di kelas TI.C.Dengan pengajaran menggunakan strategi metakognitif ternyata mampu merubah perilaku mahasiswa menjadi pembelajar yang otonomi lebih lanjut pengajaran
yang dilakukan juga menciptakan kondisi pembelajaran yang otonomi Data empiris diambil selama proses pengajaran listening yang dilakukan dalam tujuh pertemuan
guna menggali; peran dosen dalam kelas, perilaku mahasiswa dalam kelas, proses pengajaran, dan komponen-komponen pengajaran. Data dalam tulisan ini diperoleh
menggunakan catatan lapangan, observasi, interview, dokumentasi. Analisis dilakukan
secara interaktif dengan membuang data yang tidak terpakai, memajang data, dan
menarik kesimpulan.
Temuan dari penelitian ini adalah (1) pengajaran listening dengan menggunakan
strategi metakognitif mampu melatih mahasiswa agar memiliki perilaku positif dalam
belajar. Strategi metakognitif ini: mengarahkan mahasiswa agar memiliki motivasi secara intrinsic, b.membangun disiplin mahasiswa dalam belajar, c.memandu
mahasiswa untuk mengontrol pengalaman belajar mereka, d. merangsang mahasiswa agar memiliki kesadaran dan kemampuan merefleksi hasil capaian, (2) penggunaan strategi metakognitif dalam pengajaran listening mampu menciptakan atmosper belajar yang otonomi ditandai dengan: a.memberikan panduan dan instruksi yang 228 Tintin Susilowati, Metacognitive Strategies In Building Autonomous Learning...
jelas, b.menciptakan pembelajaran yang kritis, c.membagun pembelajaran konstruktif,
d.merangsang sebuah pengalaman belajar yang bermakna.

Item Type: Journal Article
Keyword: Metakognitif, kegiatan-kegiatan kognitif belajar secara mandir
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2003 Language Studies > 200302 English Language
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Bahasa Inggris
Depositing User: Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 04 Apr 2023 07:07
Last Modified: 04 Apr 2023 07:07

Actions (login required)

View Item View Item